Jalan Menuju Pura Beji Pasekan Putus, Wabup Kasta Segera Lakukan Penanganan

Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta meninjau jalan menuju Pura Beji Pasekan, Desa Akah yang putus, Kamis (17/6). (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Cuaca buruk disertai hujan deras yang terjadi, Rabu (16/6) malam, mengakibatkan akses jalan menuju Pura Beji Pasekan Desa Akah, Kabupaten Klungkung putus. Mendengar informasi tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Klungkung, I Made Kasta langsung turun melihat situasi di lapangan, Kamis (17/6).

Turut hadir mendampingi Wabup Kasta, Kabid SDA PUPR PKP Kabupaten Klungkung, Komang Gede Darma Susila serta perangkat Desa Akah.

Dalam tinjauan tersebut, Wabup Kasta mengatakan saat ini akses jalan menuju pura sudah putus, air juga sampai masuk ke area pura hingga melampaui batas penyengker pura setinggi kurang lebih 1,5 meter. Hal ini diketahui karena terdapat sisa-sisa lumpur yang tertinggal di penyengker pura hingga areal pura. “Saya sudah berkoordinasi dengan BWS dan Dinas PU Klungkung. Semoga segera ditindaklanjuti untuk mendapatkan penanganan,” harap Wabup Kasta.

Wabup Kasta juga menambahkan pihaknya akan terus berupaya agar situasi ini segera dapat tertangani. Sebab, akses jalan ini sudah sangat rawan dan sering dihantam arus sungai yang berada di sisi timur. “Ketika terjadi hujan lebat pasti air sungai akan naik, sekarang sudah sampai masuk ke areal pura. Langkah-langkah jangka pendek seperti normalisasi aliran sungai harus segera dilakukan untuk mengantisipasi agar keberadaan Pura Beji Pasekan tidak rusak,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu warga bernama Jero Mangku Sanggra menuturkan bahwa kejadian banjir tersebut disebabkan hujan yang turun Rabu (16/6) mulai pukul 21.00 Wita hingga Kamis dini hari. Akibat guyuran hujan yang begitu lebat air sungai menjadi naik hingga menghacurkan akses jalan menuju Pura Beji Pasekan. Selain itu, pohon yang berada di pinggir jalan juga tumbang dan menutupi badan jalan. “Saat ini air Sungai Unda masih menggalir berada di pinggir pondasi penyengker pura, semoga kejadian ini cepat mendapat penanganan agar kondisi pura tetap aman,” ujarnya. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.