Lumpur dan Sampah Penuhi Saluran Irigasi

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta turun meninjau sampah yang menutupi saluran irigasi, Kamis (17/6). (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Hujan deras disertai petir, Kamis (17/6) dini hari, menyebabkan banjir di sejumlah titik di Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Seperti di Desa Dawan Klod, tepatnya pertigaan setra Dawan, banjir disertai lumpur dan sampah berserakan di jalan dan menutupi saluran irigasi Subak Dawan.

Mendapat laporan kejadian tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta langsung turun meninjau lokasi kejadian.

“Air yang disertai lumpur dan sampah meluber hingga menutupi jalan. Sebenarnya tidak ada pendangkalan namun ini semua akibat sampah yang hanyut sehingga membuat sumbatan pada saluran air. Inilah akibatnya kalau kita tidak peduli dengan lingkungan. Membuang sampah plastik dengan sembarangan, maka jadilah banjir,” ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut Bupati Suwirta mengatakan pihaknya akan menggencarkan edukasi kepada masyarakat perihal cara penanganan sampah terutama sampah plastik. Dirinya mengajak semua pihak untuk sadar dalam menjaga dan mengelola lingkungan masing-masing sehingga tidak terjadi kejadian serupa.

Untuk mengatasi lumpur yang memenuhi jalan di Dawan Klod, pihaknya menerjunkan dua armada Damkar melakukan penyemprotan. Sementara untuk membersihkan tumpukan sampah di saluran irigasi, Bupati Suwirta mengimbau para anggota Subak untuk bergotong royong. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.