Desa Dangin Puri Kaja Gelar Pembinaan Nyurat Aksara Bali Berbasis Bali Simbar

Pembinaan Nyurat Aksara Bali Berbasis Bali Simbar di Kantor Desa Dangin Puri Kaja. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Desa Dangin Puri Kaja menggelar Pembinaan Nyurat Aksara Bali berbasis Bali Simbar di Kantor Desa, Minggu (13/6/2021). Kegiatan tersebut dilaksanakan guna mendukung pelestarian bahasa dan aksara Bali.

Perbekel Desa Dangin Puri Kaja, AA Ngurah Cahyadi menjelaskan, pelaksanaan kegiatan ini melibatkan masyarakat Desa Dangin Puri Kaja. Dimana, untuk Pembinaan Nyurat Aksara Bali manual dikhususkan untuk siswa SD, sedangkan Pembinaan Aksara Bali berbasis Bali Simbar dikhususkan untuk siswa SMP.

“Kegiatan Bali Simbar untuk pertama kali di Kota Depasar dilaksanakan di Desa Dangin Puri Kaja dibantu oleh tim Penyuluh Bahasa Bali,” jelas Ngurah Cahyadi saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat anak untuk mengenal Aksara Bali sejak dini. Pesatnya perkembangan digitalisasi saat ini harus diimbangi dengan adaptasi yang cepat. Sehingga dalam pelaksanaannya turut menggunakan aplikasi Bali Simbar.

“Kita ingin mengenalkan aksara Bali dengan media komputer sehingga para remaja mampu menulis aksara di komputer dan bisa menerapkan skill tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Outputnya selain bisa menulis aksara, para remaja juga memiliki keahlian digitalisasi naskah beraksara Bali,” terangnya.

Pihaknya menuturkan, melalui pelaksanaan kegiatan ini diharapkan mampu merangsang minat anak-anak untuk mempelajari bahasa dan aksara Bali.

“Harapan kami pembinaan dapat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat, khususnya anak-anak mampu menulis aksara Bali dan mampu bersaing serta berprestasi terkait bahasa Bali di sekolah maupun lomba-lomba yang sering diadakan, serta muaranya adalah pelestarian dan pengembangan bahasa dan aksara Bali,” pungkasnya. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.