Wabup Tinjau Lokasi Penyu Hijau dan Penyu Lekang Bertelur

  • Whatsapp
Wakil Bupati (Wabup) Klungkung, I Made Kasta bersama Kapolres AKBP Bima Arya Viyasa melakukan penangkaran telor penyu hijau dan lekang di Klotok, Kamis (10/6/2021). (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Mendapatkan laporan dari masyarakat sekitar, mengenai adanya jenis penyu hijau dan penyu lekang yang melakukan proses bertelur di Pantai Klotok Desa Tojan Kabupaten Klungkung, Wakil Bupati (Wabup) Klungkung, I Made Kasta langsung meninjau Lokasi tempat bertelur penyu tersebut, Kamis (10/6/2021).

Menurut Ketua Kelompok Pelestari Penyu Watu Klotok (KPPWK) Ketut Sergig menyampaikan, jenis penyu hijau (Chelonia mydas) dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea) sering bertelur di sepanjang Pantai Lepang sampai Pantai Watu Klotok pada Awal bulan Mei sampai dengan Akhir Bulan Agustus dengan jumlah telur yang dihasilkan kurang lebih 5.400 butir telur. Proses dari telur sampai menetas kedua jenis penyu ini terjadi antara 42-45 hari.

Di hadapan Wakil Bupati Klungkung, Ketua Kelompok Pelestari Penyu Watu Klotok (KPPWK) Ketut Sergig, meminta bantuan jaring yang nantinya akan dipakai oleh KPPWK sebagai pagar pengaman telur penyu dari serangan binatang liar

Mendengar hal tersebut, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk dapat segera membantu Kelompok Pelestari Penyu Watu Klotok.

“Saya akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk dapat segera membantu Kelompok Pelestari Penyu Watu Klotok,” ujar Wabup Kasta.

Wabup Kasta dalam kesempatan tersebut melakukan peletakan telur pada lokasi yang sudah disiapkan oleh Kelompok Pelestari Penyu Watu Klotok dengan luas lahan 50 meter persegi.

Wabup Kasta mengharapkan agar semua telur penyu ini dapat menetas dengan baik, sehingga dapat menambah populasi penyu hijau dan penyu lekang di Dunia.

Turut hadir mendampingi Wabup Kasta dalam kegiatan tersebut Kapolres Klungkung AKBP Bima Aria Viyasa dan perangkat desa setempat. (855)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *