Lulusan SD/SMP di Bangli Dipastikan Tertampung

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bangli, Dewa Agung Putu Purnama. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Dinas Pendidikan  Pemuda dan Olahraga Bangli memastikan lulusan siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) tertampung di sekolah-sekolah yang ada di Bangli. Sekolah yang ada memadai untuk menerima lulusan tahun ini.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bangli, Dewa Agung Putu Purnama mengatakan, siswa yang lulus tahun ini dipastikan  mendapat sekolah. Pasalnya rasio jumlah siswa yang lulus dengan ketersediaan sekolah sangat memadai.

Bacaan Lainnya

“Kami jamin tidak  ada siswa tidak dapat sekolah. Baik lulus SD hendak melanjutkan ke SMP ataupun lulusan SMP yang hendak melanjutkan ke jenjang SMA/SMK,”  jelasnya, Kamis (10/6/2021).

Menurut Agung Purnama, lulusan siswa SMP tahun ini sebanyak 3.539 orang. Jumlah tersebut tersebar di 28 sekolah. “Untuk siswa SMP lulus 100 persen. Pengumuman kelulusan telah dilaksanakan. Sementara untuk siswa SD menyusul besok (Jumat),” ungkap mantan Camat Tembuku ini.

Sementara untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), kata pejabat asal Desa Kayubihi, Bangli ini, untuk PPDB tingkat SMP, lewat beberapa jalur pendaftaran. PPDB dibuka lewat jalur zonasi, jalur prestasi, jalur afirmasi dan jalur perpindahan tugas orangtua/wali siswa.

“Masing-masing jalur ada kuotanya, untuk zonasi sebanyak 70 persen, prestasi 10 persen, dan afirmasi  15 persen  serta 5 persen untuk  perpindahan tugas orangtua,”  ujarnya.

Menurutnya  saat ini tidak ada lagi yang nama sekolah favorit. Sekolah sudah merata, dengan begitu siswa yang akan melanjutkan ke jenjang SMP mendapat layanan yang sama.

” Walaupun tidak masuk jalur zonasi, siswa dapat  mendaftar dari jalur prestasi untuk bisa mendaftar di sekolah yang diinginkan,” ujarnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.