Musrenbang Bangli Digelar secara Virtual

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta saat membuka Musrenbang Kabupaten Bangli secara virtual, Rabu (9/6/2021). 

BANGLI | patrolipost.com – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Bangli digelar di rumah jabatan Bupati Bangli, Kamis (9/6/2021). Musrenbang yang dibuka oleh Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta berlangsung secara virtual. Masing-masing OPD mengikuti Musrenbang dari kantor masing-masing.

Bupati Sedana Arta mengatakan, penyusunan rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Semesta Berencana (RPJMD-SB) tahun 2021-2026 dengan mengacu pada 5 prioritas daerah. Adapun 5 prioritas yang dimaksud yakni pemenuhan dasar krama Bangli di bidang pangan, sandang dan papan dengan kualitas yang layak, memperkuat sektor perekonomian melalui penguatan sektor pariwisata dan menjaga keseimbangan pembentukan sektor perekonomian, memantapkan infrastruktur dan tata ruang kota yang berkualitas dan berwawasan lingkungan dan pemajuan kebudayaan Bali yang adi luhung berbasis nilai-nilai sad kerthi serta tata kelola birokrasi yang mengelola pembangunan yang efektif dan efisien.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Musrenbang Kabupaten Bangli yang diselenggarakan merupakan forum yang sangat strategis serta diharapkan mampu menjawab permasalahan-permasalahan dengan mindset tidak lagi money follow function melainkan harus sudah berubah menjadi money follow program priority.

“Kegiatan yang direncanakan tidak boleh asal-asalan atau sekadar kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun namun tidak memberikan pengaruh signifikan pada masyarakat,” ungkapnya.

Sang Nyoman Sedana Arta menambahkan,  kegiatan yang direncanakan harus benar-benar dipilih berdasarkan skala prioritas dan benar-benar mendukung pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan sesuai kewenangan dan tupoksi masing-masing perangkat daerah.

“Melihat keterbatasan kapasitas fiskal yang ada, tentunya ada upaya penghematan terhadap belanja kegiatan melalui penekanan asas efektif dan efesien sangat penting, belanja kegiatan yang tidak prioritas perlu dikurangi,” kata Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut ini.

Sementara Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Bangli I Putu Ganda Wijaya mengatakan, kegiatan Musrenbang ini dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan pendekatan partisipatif dan dilaksanakan berdasarkan atas asas transparansi. Musrenbang bertujuan sebagai sinkronisasi dan integrasi isu strategis yang menyentuh titik kebutuhan masyarakat Bangli dalam pencapaian visi dan misi Bupati Bangli dan bahan penyempurnaan prioritas pembangunan serta sasaran pembangunan Bangli ke depan.

Menurut Putu Ganda jika, penyusunan RPJMD SB Kabupaten Bangli telah dilalui dengan fasilitasi Bappeda Provinsi Bali dengan beberapa penyempurnaan yang sudah ditindak lanjuti oleh Tim Penyusunan. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.