Polres Buleleng Ringkus Wanita yang Membuang Jasad Bayinya

Kapolres Buleleng memberikan keterangan pers tentang penangkapan ibu yang membuang bayinya. (ist)

SINGARAJA | patrolipost.com – Polisi tak butuh waktu lama membekuk pembuang bayi di Banjar Dinas Munduk Tengah, Desa Tista, Kecamatan Busungbiu, Buleleng yang ditemukan, Kamis (3/6) lalu. Pembuang bayi yang ditemukan tanpa kedua tangan itu teridentifikasi perempuan berusia 22 tahun bernama Ni Putu Rika Silvia.

Kapolres Buleleng, AKBP Made Sinar Subawa menjelaskan, pembuang bayi merupakan perempuan yang melahirkan bayi laki-laki malang tersebut. Identitas pembuang bayi terungkap setelah Unit PPA Satreskrim Polres Buleleng bersama Polsek Busungbiu, berhasil mengendus keberadaan pelaku. Hasil olah TKP dan pemeriksaan medis, diketahui bahwa bayi yang ditemukan tewas oleh saksi Kadek Sely Riskiani itu, dilahirkan 3 hari sebelum ditemukan.

Bacaan Lainnya

“Dari ketarangan saksi-saksi, anggota mencurigai seseorang sebelumnya hamil, namun perutnya sudah kempis,” terang Kapolres Sinar Subawa, Senin (7/6/2021).

Kecurigaan mengarah kepada Ni Putu Rika Silvia warga setempat. Untuk membuktikan kecurigaan, polisi melakukan pemeriksaan  medis dan visum. Hasilnya diketahui Rika Silvia memiliki ciri-ciri usai melahirkan.

Dan Rika Silvia pun mengaku telah melahirkan sendirian di dalam kamar mandi. Dan jasad bayi yang ditemukan tanpa kedua tangan ini, diakui adalah bayi yang dilahirkannya.

“Tersangka mengaku melahirkan seorang diri di kamar mandi. Awalnya ia merasakan sakit perut, kemudian ke kamar mandi dan melahirkan. Dari pengakuannya, tersangka hamil oleh mantan pacarnya,” jelas Kapolres Sinar Subawa.

Menurut Kapolres Sinar Subawa, dari keterangan tersangka, saat bayi dilahirkan sudah dalam kondisi meninggal, sehingga bayi beserta ari-arinya dibungkus menggunakan paper tas belanja lalu dibungkus memakai kantong plastik. Selanjutnya, bayi yang sudah terbungkus disimpan di dalam almari, agar tidak ada orang lain yang mengetahui.

Namun pada Rabu (2/5) pukul 21.00 Wita, tersangka Rika Silvia mengambil mayat bayi tersebut dan membuangnya di gang depan rumahnya. Dia berharap ada yang menemukan dan dapat mengikuti perkembangan prosesi upacara jenazah anaknya tersebut.

Soal hilangnya dua tangan bayi, Kapolres Sinar Subawa mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil visum kondisi bayi.

“Kita masih menunggu hasil visum keluar sembari  meminta keterangan lebih lanjut terhadap tersangka,” imbuhnya.

Untuk proses hukum lebih lanjut, sejumlah barang bukti berhasil diamankan. Diantaranya, satu buah tas kresek plastik, satu buah tas belanja, satu potong celana pendek warna merah yang berisi lumuran darah, empat potong tisu berisi lumuran darah, satu buah plastik pembungkus pembalut wanita warna putih dan satu buah pisau yang digunakan memotong tali ari-ari.

Akibat perbuatannya, Rika Silvia yang status hukumnya sebagai tersangka diancam dengan Pasal 181 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 9 bulan penjara.

“Sesuai ancaman hukuman 9 bulan, kami minta lakukan pendampingan di rumah aman. Sekarang masih proses pendampingan,” ucap Sinar Subawa. (625)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.