Usulan BPUM di Bangli Capai 12 Ribu Pemohon

Kabid Pemberdayaan UMKM Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bangli, I Putu Gde Joni Irawan. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) sudah pencarian tahap lima belas. Dari awal tahun 2021 tercatat ada 12 ribu usulan BPUM. Proses pengusulan masih terus dilakukan melalui Dinas Koperasi, UMKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bangli. 

Kabid Pemberdayaan UMKM Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bangli, I Putu Gde Joni Irawan mengatakan BPUM merupakan bantuan bagi pemilik usaha mikro. Bantuan dari pemerintah pusat tersebut sudah berjalan sejak 2020 lalu.

Bacaan Lainnya

“Proses pengusulan masih berjalan hingga bulan Oktober,” ungkapnya, Senin (7/6/2021).

Menurutnya  program pemerintah pusat tersebut sudah disosialisasikan melalui kepala desa/perbekel maupun kelurahan. “Setiap informasi kami sudah sampaikan baik dengan bersurat maupun melalui group yang beranggota para perbekel. Informasi tersebut diharapkan diteruskan melalui kepala dusun,” tegasnya. 

Sementara  sampai saat ini tercatat usulan BPUM sebanyak 12.160 usulan.  Pencairan BPUM melalui bank yang ditunjuk oleh pemerintah pusat. “BPUM yang cair sekitar 12 ribu. Jumlah tersebut juga termasuk usulan tahun 2020 yang belum terealisasi,” sebutnya.

Penerima BPUM melakukan proses pencairan secara langsung. Bantuan yang diterima sebesar Rp 1,2 Juta, lewat bank yang ditunjuk.

Disinggung soal warga yang tidak mendapat informasi terkait adanya program BPUM, Putu Joni tidak menampik hal tersebut. Diakui ada beberapa warga yang sempat mendatangi kantor Dinas Koperasi untuk mempertanyakan minimnya informasi. 

“Kami sudah sosialisasikan, kadang perbekel sudah aktif, jajaran di bawahnya tidak optimal,” ujarnya.

Ditambahkan pula, untuk usulan BPUM melalui desa. Seluruh berkas disetorkan ke desa dan berkas disetorkan secara akumulatif ke Dinas.

“Kalau ada perorangan yang menyetorkan ke Dinas, kami sarankan untuk melalui desa,” jelasnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.