Peringati Hari Lingkungan Hidup, Bupati Mahayastra Menanam Pohon di Kebun Raya Gianyar

Pemkab Gianyar melaksanakan kegiatan menanam pohon dan bersih-bersih lingkungan secara serentak di seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Gianyar serta penyemprotan eco-enzim di area Kebun Raya Gianyar. (kominfo/lanus)

GIANYAR | patrolipost.com – Memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemkab Gianyar melaksanakan kegiatan menanam pohon dan bersih-bersih lingkungan secara serentak di seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Gianyar serta penyemprotan eco-enzim di area Kebun Raya Gianyar, Banjar Pilan Desa Kerta Payangan, Jumat (4/6).

Bupati Gianyar, Made Mahayastra yang turut hadir dalam kesempatan tersebut bersama Ketua DPRD Gianyar, Sekda Kabupaten Gianyar dan seluruh pimpinan OPD melakukan penanaman pohon “Nyabah” sebagai ikon Kebun Raya Gianyar. Di samping itu, Ketua Tim Penggerak PKK Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra juga ikut melaksanakan penanaman pohon Toga.

Bupati Gianyar dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Made Gede Wisnu Wijaya mengatakan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Gianyar Tahun 2021 ini, harus dimaknai sebagai upaya untuk mengingatkan akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.

“Peringatan Hari Lingkungan Hidup merupakan momentum strategis, untuk melakukan kampanye penyadaran peduli lingkungan, serta mengingatkan dan memotivasi segenap komponen masyarakat Gianyar, untuk berpartisipasi nyata dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,” ujar Wisnu Wijaya.

Dilanjutkannya keanekaragaman hayati merupakan pondasi pendukung semua kehidupan di daratan, lautan dan udara, yang dapat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia, mulai dari kesehatan, menyediakan udara, air bersih, makanan, dan obat-obatan alami.

Dalam upaya untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, Pemkab Gianyar telah melakukan berbagai langkah terobosan seperti, Penataan Lapangan Astina Gianyar, pembangunan pedestrian dan taman di sepanjang jalan di Kota Gianyar, penataan TPA Temesi, dan mendorong pembangunan TPS3R Terpadu di setiap desa dan kelurahan, bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar.

Ditekankannya, Kebun Raya Gianyar merupakan tonggak sejarah, dan bukti kepedulian Pemerintah Kabupaten Gianyar, dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Wisnu Wijaya menegaskan bahwa Pemkab Gianyar akan terus mengembangkan Kebun Raya Gianyar agar bisa menjadi wisata edukasi. ”Ke depan, Kebun Raya Gianyar ini, akan terus kita lestarikan, kita kembangkan, sehingga Kebun Raya Gianyar menjadi ikon pelestarian lingkungan hidup Kabupaten Gianyar, dan menjadi obyek wisata dan edukasi yang menarik di Kecamatan Payangan,” tegasnya.

Kini, Pemkab Gianyar sedang mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana yang diperlukan Kebun Raya Gianyar agar nanti bisa ditetapkan sebagai bagian dari Kebun Raya Indonesia.

”Saat ini kami sedang mempersiapkan sarana dan prasarana untuk memenuhi persyaratan yang diperlukan. Sehingga Kebun Raya Gianyar, pada perayaan hari ulang tahunnya tanggal 17 Juli 2021, dapat diresmikan atau di launching, dan ditetapkan sebagai bagian dari Kebun Raya Indonesia,” pungkas Wisnu Wijaya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar, Ni Made Mirnawati mengatakan peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini adalah sebagai momentum untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menguatkan kembali perhatian dan kepedulian terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Gianyar.

Disamping itu, Peringatan Hari Lingkungan Hidup juga untuk membangkitkan semangat dan memberikan inspirasi kepada masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan hidup selain itu juga untuk memberikan nilai-nilai penting tentang perubahan sikap, perilaku dan cara pandang masyarakat terhadap fungsi lingkungan hidup dan upaya pelestariannya.

Untuk diketahui, peringatan Hari Lingkungan Hidup berawal dari konferensi besar pertama tentang isu-isu lingkungan yang diadakan pada tanggal 5 sampai dengan 16 Juni 1972 di Stockholm Swedia ketika itu majelis umum PBB membuat resolusi yang menetapkan tanggal 5 Juni sebagai hari lingkungan hidup sedunia dan sejak saat itu hari lingkungan hidup sedunia dirayakan setiap tahun. (kominfo/abg)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.