Peringati HUT ke-817, Warna Panji Kabupaten Bangli Kembali Hijau Muda

Panji-panji Kabupaten Bangli berwarna hijau muda yang dibawa saat upacara HUT ke-817 Kota Bangli bertempat di Lapangan Kapten Mudita, Bangli, Senin (10/5/2021).

BANGLI | patrolipost.com – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-817 Kota Bangli menjadi momentum pengembalian warna panji Kabupaten Bangli. Sebelumnya panji Kabupaten Bangli berwarna kuning. Berdasarkan Perda Nomor 8 tahun 1976 panji menggunakan warna dasar hijau muda. Pengembalian warna dasar panji untuk pertama ditampilkan saat upacara HUT ke-817 Bangli di Lapangan Kapten Mudita, Bangli, Senin (10/5/2021).

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, warna panji kabupaten sudah diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 8/Perda/1976 tentang Lambang Daerah Tingkat II Bangli. Dalam Perda tersebut panji Kabupaten Bangli berwarna dasar hijau muda.

Bacaan Lainnya

Sementara selama ini panji menggunakan warna dasar kuning. Bupati Sedana Arta menegaskan jika pihaknya akan mengembalikan sesuai dengan aturan yang ada. “Kami bertugas mengacu pada aturan. Maka dari warna kuning dikembalikan pada warna dasar hijau muda. Langkah-langkah atau kebijakan lainnya yang kami jalankaan tentu berdasarkan aturan,” tegasnya.

Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini menyampaikan untuk lambang daerah telah diatur mulai warna hingga penggunaannya. Jika warna dasar panji kembali hijau muda, untuk vandel tetap berwarna kuning sesuai dengan aturan yang ada.

Sementara itu, untuk HUT Bangli dilaksanakan dengan sederhana mengingat situasi pandemi Covid-19. Menurut Bupati Sedana Arta jika HUT ke-817 menjadi momen untuk membangkitkan semangat krama/masyarakat Bangli. Berdasarkan prasasti Pura Kehen, masyarakat untuk bahu-membahu membangun Kabupaten Bangli.

“Bangli memiliki potensi yang luar biasa baik pertanian, perikanan dan sektor lainya. Kita bersama-sama membangun Bangli, dengan harapan Bangli bisa maju dan sejajar dengan kabupaten lainya,” tandasnya.

Di sisi lain, usai upacara HUT Bangli di Lapangan Kapten Mudita jajaran Forkompinda Bangli serta Kepala Lapas Narkotika Kelas II A Bangli, Agus Pritianto melepaskan ikan koi di kolam kantor Bupati Bangli. Setidak ada 9 ekor koi yang dilepaskan di kolam tersebut. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.