Pemudik Jangan Harap Lolos di Gianyar, Polisi Periksa Seluruh Kendaraan

Petugas memeriksa barang bawaan kendaraan angkutan barang. (ist)

GIANYAR | patrolipost.com – Memastikan wilayah Gianyar menjadi zona penyekatan ketat bagi para pemudik, jajaran Polres Gianyar tidak sekadar memeriksa kendaraan yang melintas. Tidak ingin kecolongan, petugas pun memeriksa muatan barang pada kendaraan box ataupun truk dan pick up yang kerap dijadikan alternatif oleh pemudik “nakal”.

Di wilayah lain, mungkin para pemudik nakal  bisa mengelabui petugas Kepolisian dengan bersembunyi diantara tumpukan barang dalam bok truk. Namun, untuk wilayah  Gianyar upaya ini akana sia-sia, karena petugas tidak sekadar memeriksa dari luar.  Seluruh isi muatan  kendaraan box, truk, maupun  pick up pun diperiksa secara teliti, untuk memastikan tidak ada penumpang yang sembunyi di muatan barang.

Bacaan Lainnya

“Pemeriksaan hingga muatan barang ini kami lakukan di  semua titik di wilayah Gianyar yang digelar oleh masing-masing Polsek.  Kami laksanakan ini karena di daerah lain banyak ditemukan pemudik yang mengakali petugas dengan bersembunyi pada bak truk,” ungkap  Karendalopsres, Kompol I Wayan Latra, Minggu (9/5/2021).

Disebutkan, sesuai perintah Kapolres Gianyar AKBP l Dewa Made Adnyana,  seluruh personel  yang bertugas dalam pelaksanaan giat penyekatan dan imbauan Prokes Covid-19  agara secara marathon melaksanakan kegiatan penyekatan dan imbauan Protokol Kesehatan Covid-19 kepada pengguna jalan. Karena itu, kegiatan penyekatan imbangan juga dilakukan di Polsek Payangan, Polsek Sukawati, Polsek Ubud dan Polsek Kota Gianyar dalam rangka Operasi Ketupat Agung 2021 lebaran hari raya ldul Fitri 1442 H.

“Dalam kegiatan ini  sasaran Kami kendaraan roda dua, roda empat, truk, mobil box.  Kami ingin memastikan masyarakat tidak melaksanakan mudik demi menghindari terjadinya penularan dan penyebaran Covid -19,” jelasnya.

Tindakan tegas petugas dalam operasi inipun menuai banyak apresiasi dari masyarakat.  Apalagi, kendaraan yang diperiksa bukan hanya minibus atau kendaraan pribadi. Mobil bermuatan barang seperti truk, mobil box malah mendapat pemeriksaan ketat.

“Ketatnya, operasi pencegatan para pemudik yang dilakukan secara intensif oleh pihak Kepolisian di wilayah hukum Polres Gianyar, benar-benar kita apresiasi. Ini menunjukkan konsistensi Kepolisian untuk menekan dampak pandemi Covid-19,” ujar Ngakan Made Rai, tokoh LSM yang juga pimpinan Parpol di Gianyar ini.

Kepada masyarakat, Ngakan Rai juga berharap gelombang dampak pandemi Covid-19  diantisipasi. Meski sebagian masyarakat sudah ada yang menerima vaksin,  sebutnya, ancaman gelombang ketiga pandemi Covid-19 justru harus diwaspadai.

“Masyarakat harus tetap disiplin menjalankan Protokol Kesehatan.  Terkait antispasi ini, langkah jajaran Polsek Kota Gianyar yang tidak bosan-bosannya menyambangi pasar-pasar tradisional dan membagikan masker, sangat saya saluti,” ujarnya.

Selain menggencarkan sosialisasi Protokol Kesehatan, Kapolres Gianyar juga mengintruksikan jajarannya untuk melakukan langkah antisipasi  potensi criminal juga diacungkannya jempol.  Apalagi angka kriminalitas di Gianyar, tercatat menurun selama pandemi ini.

“Intensifnya  patroli malam, serta pengungkapan sejumlah kasus  seperti di Polsek Sukawati, Polsek Kota Gianyar dan Polsek Ubud , sangat  efektif  menekan angka  kriminal di Bumi Seni ini,” pungkasnya. (338)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.