Siswi SMA Negeri 1 Negara Terpilih Mewakili Bali Jadi Paskibraka Nasional

  • Whatsapp
Valentina Dyastika, siswi SMA Negeri 1 Negara terpilih mewakili Bali menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Benar kata pepatah bahwa berkat latihan dan kerja keras, diimbangi dengan rajin berdoa serta restu orangtua tentu menorehkan hasil yang baik. Seperti yang dialami Valentina Dyastika, siswi kelas X MIPA 4  SMA Negeri 1 Negara yang terpilih mewakili Bali untuk menjadi bagian dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional.

Saat ditemui di Denpasar, Jumat (7/5/2021), cewek kelahiran 25 November 2004 itu awalnya memberanikan diri mengikuti prosrs seleksi di SMA Negeri 1 Negara pada Maret 2021 lalu. Berkat ketekunan dan kegigihannya dalam berlatih, Valentina dinyatakan lolos untuk mewakiki SMA Negeri 1 Negara dan diwajibkan mengikuti seleksi di tingkat kabupaten yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Jembrana.

“Untuk pelatihan yang dilaksanakan oleh pihak kabupaten dilakukan setiap hari, dengan kegiatan latihan fisik seperti, lari, push up dan sit up untuk meningkatkan potensi yang ada didalam diri. Latihan tersebut dilakukan secara terbatas dan tetap mengikuti Protokol Kesehatan,” ujar Valentina Dyastika.

Anak ketiga dari 3 bersaudara, putri pasangan almarhum I Nyoman Yastika dan Ni Luh Made Budiasih ini pun kembali dinyatakan lolos mewakili Kabupaten Jembrana dan harus kembali berkompetisi dengan sejumlah peserta dari kabupaten/kota se-Bali. Sebagai perwakilan dari Kabupaten Jembrana, ada sepasang putra dan putri yaitu, I Wayan Semadi (SMA Negeri 1 Mendoyo) dan Valentina Dyastika (SMA Negeri 1 Negara), untuk selanjutnya harus bersaing dengan 18 peserta lainnya se-Bali.

Setelah dua hari (4-5 Mei 2021) mereka mengikuti seleksi akhir di tingkat Provinsi Bali, dimana pada seleksi hari pertama, dilakukan psikotes dan peraturan baris berbaris (PBB). Lalu, pada hari kedua, pihak penitia penyelenggara menilai secara ketat saat melakukan tes fisik dan akhirnya masuk 2 besar.

Saat itu, perjuangan belum usai, karena Valentina masih harus bersaing ketat dengan perwakilan siswa dari Kabupaten Gianyar. Pada akhir penilaian dan penentuan, Valentina yang terpilih dan gadis manis yang mengaku tinggal di Jalan Nias 22, Br Waru Mekar, Dauh Waru, Jembrana ini terpilih untuk mewakili Bali dan berkesempatan melenggan ke Jakarta sebagai anggota Paskibraka Nasional.

Valentina yang sejak kecil bercita-cita kelak menjadi Polisi Wanita (Polwan) itu dinyatakan lolos sebagai putri utama dengan nilai 506,5 dan akan dikirim ke Jakarta pada Juni 2021 mendatang, untuk dilatih menjadi Paskibraka Nasional mewakili Provinsi Bali dari SMA Negeri 1 Negara. (246)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *