Hindari Prajurit Berperut Buncit, Kodim Klungkung Gelar Uji Ketahanan Fisik

Personel Kodim 1610 Klungkung diuji tes ketahanan fisiknya. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Di Masa pandemi Covid-19 saat ini Kodim 1610/Klungkung tetap menggelar tes kesegaran jasmani kepada para prajuritnya. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, kegiatan dilaksanakan di Lapangan GOR Swecapura Desa Gelgel Klungkung, Kamis (29/4).

Kegiatan tersebut diikuti oleh para Anggota Militer Kodim 1610/Klungkung yang berjumlah 55 orang.

Adapun tujuan dari pelaksanaan Garjas periodik ini untuk menguji tingkat kebugaran serta ketahanan fisik prajurit sekaligus mengukur kemampuan kesamaptaan jasmani seorang prajurit secara berkala.

Komandan Kodim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, S.E. M.Tr (Han) mengambil apel sebelum pelaksanaan kegiatan mengatakan, bahwa kegiatan tes kesegaran jasmani (Garjas) ini sebagai tolak ukur untuk menguji sejauh mana para prajurit membina fisik dan ini merupakan pembinaan satuan serta merupakan program yang harus dilaksanakan secara periodik yaitu satu tahun 2 kali.

“Kegiatan tes garjas ini merupakan program dari komando atas dan sebagai tolak ukur untuk menguji sejauh mana para prajurit membina fisik dihadapkan dengan pandemi Covid-19 saat ini”, jelas Dandim.

Lanjut Dandim, dengan diadakannya kegiatan tes kesegaran jasmani tersebut diharapkan para prajurit bisa memenuhi target nilai yang sudah ditentukan, serta bisa memelihara kebugaran tubuh masing-masing sehingga bisa menunjang pelaksanaan tugas pokok.

“Target kita adalah sesuai dengan kriteria nilai yang sudah di tentukan dari keseluruhan tes kesamaptaan baik itu kesegaran jasmani A dan B minimal adalah 51”,Tandasnya.

Sebelum pelaksanaan kegiatan dilaksanakan pengecekan Tensi oleh anggota Denkes Kesehatan Singaraja dan anggota kesehatan Kodim dan dilanjutkan dengan pemanasan bersama.

Diketahui dalam tes kesegaran jasmani ada beberapa kriteria yang diujikan meliputi semapta A yaitu lari 12 Meter dan dilanjutkan dengan semapta B yang meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit, Lunges serta Shuttle Run (Lari angka delapan).

Setelah selesai melaksanakan semapta kemudian dilanjutkan dengan Ketangkasan yakni Renang 50 Meter. Pada kegiatan ketangkasan dilaksanakan di Kolam Renang Wisata Tirta Srinadi yang ada di Banjar Minggir, Desa Gelgel Klungkung. (855)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.