Jokowi Lantik 2 Menteri, 1 Lembaga Negara

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo saat melantik 2 menteri. (ist)

JAKARTA | patrolipost.com – Akhirnya teka-teki reshuffle Kabinet Indonesia Maju terjawab: dua menteri mengambil peran tambahan. Selain itu, ada sejumlah pejabat lain yang dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (28/4/2021) sore di Istana Negara.

Ada satu nama yang menjadi menteri baru Jokowi: Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi. Sebelum ini, Bahlil menjabat Kepala BKPM. Sedangkan nama Bambang Brodjonegoro hilang di kabinet. Bambang sebelumnya menjabat Menristek/Kepala BRIN. Posisi Bambang yang mengundurkan diri digantikan Tri Handoko.

Bacaan Lainnya

Total ada dua menteri dan satu kepala badan yang dilantik yakni Nadiem Makarim sebagai Mendikbud-Ristek, Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi, dan Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Keduanya dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No 72/P/2021 tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian serta Pengangkatan Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024. Kemudian Keppres No 19/M/2021 tentang Pengangkatan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Dimana Jokowi menunjuk Laksono Tri Handoko sebagai Kepala BRIN.

“Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengangkatan saudara-saudara sebagai menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa jabatan periode 2019-2024, terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara-saudara, apakah saudara-saudara beragama Islam? Bersediakah saudara-sudara diambil sumpah menurut agama Islam? Apabila demikian harap mengikuti dan mengulangi kata-kata saya,” kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (28/4/2021).

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Serta akan menjalankan segala Peraturan Perundangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab,” tutur Presiden Jokowi yang diikuti para jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Jokowi juga melantik anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK pengganti Artidjo Alkostar, yang telah berpulang beberapa waktu lalu. Indriyanto Seno Adji mengisi posisi yang ditinggalkan Artidjo tersebut. (kpc/zar)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *