Kembangkan Komoditas dan Potensi Laut Nusa Penida, Bupati Datangkan Tim Ahli

Rombongan BBRBLPP mengunjungi Kepulauan Nusa Ceningan yang diantar oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Rombongan staf ahli dari Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan (BBRBLPP) mengunjungi Kepulauan Nusa Ceningan, Senin (26/4).

Kunjungan ini dalam rangka tindak lanjut hasil kunjungan kerja Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta ke Kantor BBRBLPP di Br. Gondol Ds. Penyabangan Kecamatan Gerokgak, Singaraja beberapa hari lalu, guna menjalin kerjasama pembangunan Demplot percontohan budidaya di Kecamatan Nusa Penida. Rombongan yang terdiri dari Ir Ibnu Rusdi Mp, Drs Bedjo Slamet, I Gusti N Permana S Pi, Mp dan Hendra A. Kurniawan, diterima di SDN 2 Lembongan.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada tim ahli Balai Besar Riset Budidaya Laut Dan Penyuluhan Perikanan yang sudah merespon kunjungan kerja saya beberapa hari lalu dan kini hadir di Nusa Ceningan untuk melakukan survey dan mengidentifikasi lokasi guna memastikan komoditas yang tepat untuk dikembangkan di Nusa Penida,” ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut Bupati Suwirta menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten klungkung dalam mengembangkan berbagai potensi yang ada di laut Nusa Penida. Menurutnya, jika budidaya ini berhasil maka kebutuhan seafood untuk pariwisata di Nusa Penida tidak perlu didatangkan dari Bali yang mengakibatkan harganya semakin mahal. Pihaknya berharap area mangrove yang berada di pulau Nusa Ceningan akan berhasil melakukan budidaya Kepiting, Lobster, Kerapu dan Abalone untuk kebutuhan pariwisata di Nusa Penida.

“Hasil dari kunjungan ini semoga dapat ditentukan komoditas yang memungkinkan/cocok dikembangkan untuk Demplot maupun untuk budidaya masyarakat, sehingga kebutuhan seafood untuk Pariwisata tidak mesti didatangkan dari luar dan ini merupakan peluang juga untuk masyarakat kita,” tandasnya.

Sementara itu Ketua rombongan tim ahli BBRBLPP, Ir Ibnu Rusdi MP, mengatakan dirinya sangat mengapresiasi atas antusiasme dan keseriusan Bupati Suwirta yang secara langsung memimpin jajarannya belajar dan berupaya mengembangkan potensi laut Nusa Penida.

“Sangatlah jarang ada bupati yang mau memimpin langsung jajarannya belajar mengenai pengembangan potensi laut khususnya tentang budidaya ikan laut, Ini merupakan dukungan yang sangat baik bagi pengembangan potensi yang ada di Nusa Penida,” ujar Ir Ibnu Rusdi.

Lebih lanjut Ir Ibnu Rusdi MP menjelaskan kehadirannya bersama tim adalah untuk melakukan identifikasi/survey terhadap potensi yang ada di lahan mangrove Ceningan, termasuk spesies yang pernah ada seperti kepiting bakau, bandeng, udang kecil , abalon(klau) dan ketepo ( funish fish). Menurutnya dengan mengembangkan spesies yang pernah ada, maka akan lebih mudah karena lebih cepat beradaptasi. Namun kedepan pihaknya bersama Dinas PPK Klungkung juga akan mencoba mengembangkan Demplot komoditas seperti kepiting, lobster, kerapu dan abalone.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung, Dewa Ketut Sueta dalam kesempatannya berharap tidak hanya dalam hal riset dan survey lapangan, namun juga akan terjalin kerjasama pendampingan dari Pihak Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan, Gondol Singaraja. Mengingat BBRBLPP memiliki teknologi dalam pengembangan potensi kelautan Nusa Penida. Turut hadir dalam pertemuan yang dilaksanakan di SD N 2 Lembongan ini Kepala Bapperlitbang A.A. Lesmana, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Klungkung, I Wayan Ardiasa, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Nyoman Sidang, Perbekel Jungutbatu dan Pj Perbekel Lembongan. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.