Pemkab Badung Panggil Pemilik Supermarket Terkait Video WNA Lukis Wajah Mirip Masker

Suasana pertemuan antara Wabub Badung Ketut Suiasa dengan pengelola Supermarket Popular. (ist)

MANGUPURA | patrolipost.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung langsung merespons terkait viralnya video Warga Negara Asing (WNA) yang mengelabui petugas keamanan dengan wajah dilukis mirip masker. Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa memanggil pemilik Supermarket Popular beserta jajarannya, yang menjadi lokasi kejadian.

Dalam pemanggilan itu Wabub Suiasa didampingi Camat Kuta Utara I Putu Eka Permana, Kepala Desa Tibubeneng I Made Kamajaya beserta petugas dari Satpol PP Kabupaten Badung. Pertemuan berlangsung di Ruang Pertemuan Wakil Bupati di Puspem Badung, Kamis (22/4/2021).

Bacaan Lainnya

Wabup Suiasa memberikan arahan kepada pengelola Supermarket Popular yang berlokasi di Desa Tibubeneng dimana dipastikan terjadi kelalaian dari pihak pengelola yang tidak secara ketat menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) kepada para pengunjungnya, khususnya terhadap Warga Negara Asing (WNA).

Dikatakan WNA tersebut sudah mengelabui petugas yang ada di Supermarket Popular, sehingga para petugas tidak cermat mengamati tamunya saat mendatangi tempat belanja tersebut.

“Hari ini kita panggil pengelola supermarket dan kita berikan peringatan ringan secara lisan. Langkah selanjutnya akan ditindaklanjuti secara administrasi. Pihak pengelola wajib menandatangani surat pernyataan untuk tidak mengulangi terjadinya hal yang sama. Serta bagi para pengusaha agar berkomitmen tetap menjalani tugas dengan tegas, sungguh-sungguh dalam menerapkan Protokol Kesehatan kepada siapa pun,” tegas Wabub Suiasa.

Lebih lanjut Suiasa mengatakan, apabila nanti ditemui pelanggaran serta terjadinya kelalaian lagi maka akan ada penegakan hukum, baik itu sifatnya denda administratif sebesar Rp 1 juta, ataupun penutupan selama 7 hari.

“Apabila terulang lagi akan dikenakan denda berlipat ganda atau pencabutan izin operasional. Langkah ini sebagai awal kita lakukan peringatan secara lisan serta kita suruh untuk menandatangani surat pernyataan kepada manajemen pengusaha tersebut,” ujar Wabup Suiasa.

Manager Supermarket Popular I Wayan Kariana selaku pimpinan dalam kesempatan tersebut menyampaikan permohonan maafnya kepada Pemkab Badung atas kelalaian yang terjadi di supermarketnya.

“Selaku pimpinan kami memohon maaf kepada Bapak Wakil Bupati Badung. Kejadian tersebut tidak kami rencanakan seperti yang ada di video. Sebelumnya tim keamanan kami sudah berusaha untuk memberikan peringatan bahwa harus tetap memakai masker dan mengedepankan Protokol Kesehatan sesuai aturan yang berlaku. Namun customer tersebut seperti pada video berbalik menuju mobilnya untuk mengelabui keamanan kami, sehingga customer tersebut kelihatan memakai masker,” terang Kariana.

Sementara itu I Wayan Suparta dari PT Handaru Sakti selaku pengelola security mengatakan dari hasil video disertai hasil interogasi terhadap petugas security serta staff di Supermarket Popular dikatakan warga WNA ini sudah merencanakan hal seperti itu untuk membuat video yang sudah disiapkan secara matang.

Diceritakan kronologis kejadian itu berawal dari WNA tersebut datang dengan tidak memakai masker, sehingga petugas yang sedang bertugas sudah menegur agar memakai masker. Namun dia berbalik entah kemana, namun nampak terlihat dari video menuju mobil. Di dalam mobil sudah disiapkan cat muka untuk membuat gambar seolah menggunakan masker.

“Dia balik lagi ke Supermarket Populer dengan menghindarkan bibirnya untuk melihatkan nampak samping saja. Sehingga disinilah adanya keteledoran dari security bahwa dengan pikiran positif kesannya menggunakan masker,” jelasnya.

Selanjutnya petugas security melakukan pengukuran suhu tubuh disertai pemberian sanitizer. Dijelaskan juga untuk Supermarket Popular sudah tetap menerapkan Protokol Kesehatan sesuai dengan aturan pemerintah dengan maksimal. (634)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.