Peringati Hari Bumi, Warga Tembuku Tukar Sampah dengan Ayam dan Telur

Suasana Penukaran sampah plastik dengan  ayam berlokasi di lapangan umum Tembuku, Bangli. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Memperingati Hari Bumi diisi dengan kegiatan membersihkan  lingkungan di wilayah Desa/Kecamatan Tembuku, Kamis (22/4). Aksi memungkut sampah diikuti oleh para pelajar maupun warga setempat. Sampah yang terkumpul selanjutnya ditukarkan dengan ayam merah atau telur ayam.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bangli, Dewa Agung Putu Purnama mengatakan, serangkaian Hari Bumi, salah satu relawan lingkungan melakukan kegiatan dengan melibatkan masyarakat hingga siswa. Kegiatan meliputi pengumpulan sampah plastik.

Bacaan Lainnya

“Masyarakat hingga siswa diajak untuk mengumpulkan sampah plastik di wilayah Desa Tembuku. Hasil sampah yang terkumpul ditukar dengan ayam dan telur,” jelasnya.

Lanjut mantan Camat Tembuku ini, penukaran sampah dengan ayam maupun telur tiada lain untuk memotivasi masyarakat agar menjaga lingkungan. Sebanyak 20 ekor ayam dan 22 trey telur ayam dibagikan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ayam diserahkan bagi pengumpul sampah terbanyak, kemudian lainnya diberikan telur. Para siswa juga ada memiliki tabungan di bank sampah, maka siswa yang terbanyak memiliki tabungan juga diberikan ayam.

Lanjutnya, sampah yang terkumpul kemudian dibeli oleh bank sampah. Menurut mantan Camat Tembuku ini, kegiatan kali ini juga melibatkan relawan kemanusiaan. Yang mana para lansia diberikan beras dan telur.

“Selain bantuan bagi lansia, relawan kemanusiaan juga memberikan uang saku,” jelasnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.