Wagub Cok Ace: Peran Perempuan di Masa Pandemi Wujud Semangat Emansipasi

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menghadiri peringatan HUT ke-58 Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Bali di Auditorium Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar, Rabu (21/4/2021) (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mendorong sinergitas organisasi perempuan yang tergabung dalam wadah BKOW. Ia menilai, para perempuan telah menunjukkan semangat luar biasa dalam menghadapi pandemi.

Guru Besar ISI Denpasar ini berpendapat, paradigma kalau laki-laki sebagai tulang punggung keluarga telah bergeser.

Bacaan Lainnya

“Saya amati, kaum ibu yang menunjukkan semangat luar biasa di tengah pandemi. Mereka kreatif mencari peluang untuk membantu suami dalam memenuhi kebutuhan keluarga,” kata Cok Ace.

Bila dikaitkan dengan momentum Hari Kartini, apa yang dilakukan kaum perempuan di tengah pandemi telah menunjukkan semangat emansipasi.

Wagub Cok Ace menghadiri peringatan HUT ke-58 Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Bali yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar, Rabu (21/4/2021).

Penglingsir Puri Ubud ini mengatakan, BKOW punya peran dan posisi yang strategis dalam mendorong semangat kaum perempuan di tengah pandemi. BKOW Bali juga diminta terus mendorong perempuan untuk terus berkarya dan mengembangkan kreatifitas dalam membantu mengatasi angka pengangguran.

Peringatan HUT BKOW ke-58 mengusung tema ‘Perempuan Berkarya, Berdaya dan Berbudaya’. Cok Ace menilai tema tersebut selaras dengan tantangan yang harus dijawab di masa pandemi.

Sementara, Ketua Umum BKOW Bali Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati mengajak kaum perempuan mengingat kembali spirit emansipasi RA Kartini. Dihubungkan dengan kondisi pandemi, Putri Haryani mengatakan, peran aktif perempuan dibutuhkan di masa kebiasaan baru di tengah pandemi.

Peringatan HUT BKOW ke-58 digelar dengan berbagai kegiatan seperti, persembahyangan ke sejumlah pura, pemberian bantuan bagi penyandang disabilitas, pembinaan petani jahe di Bangli, pelatihan tata rias dan pasar murah.

“Kami juga melaksanakan kegiatan peduli satwa dengan pemberian makan bagi kera di Alas Kedaton,” kata Putri Hariyani. (pp03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.