Hari Manis Macekan, Ribuan Pemedek Masih Padati Pura Dasar Buana Gelgel

  • Whatsapp
Pemedek padati muspa di Pura Dasar Buana, Gelgel dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat, Selasa (20/4). (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Bertepatan dengan Hari Manis Pemacekan Agung, Selasa (20/4), ribuan pemedek masih memadati tangkil Muspa di Pura Dasar Buana, Gelgel, Klungkung. Namun kedatangan pemedek ini tetap diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, diatur oleh panitia Pemacekan Agung Pura Dasar Buana, Gelgel, Klungkung.

Penyarikan Desa Adat Gelgel Gde Eka Semaya Putra saat dikonfirmasi menyebutkan para pemedek masih datang secara bergelombang pedek tangkil di Pura Dasar Buana, Gelgel, Klungkung.

“Namun kedatangan para pemedek ini kita atur secara bertahap untuk ngeranjing masuk ke jeroan Pura Dasar serta diwajibkan terlebih dahulu mengikuti protokol kesehatan yang ketat demi keselamatan pemedek semua, dengan cuci tangan sebelumnya,” ujar Gede Eka Semaya Putra.

Menurut Gede Eka Semaya Putra, menyebutkan untuk pelaksana Penganyar Rahina Manis Macekan Agung di ring Pura Dasar dilaksanakan /kesanggra oleh Krama Desa Adat Gelgel. Sementara itu krama Banjar Jelantik di ring Bale Agung, sedangkan di/ring Pura Pusering Jagat, Pura Melanting, Pura Taman Beji olih Krama Desa Adat Gelgel.

“Seluruh rangakaian upakara pelaksanaan ritual karya dipandu/kapuput oleh Ida Peranda Gde Jumpung Putra Keniten, sementara di masing-masing genah dipandu oleh Pinandita yang gayah,” terangnya. (855)

 

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *