TNI Buka Suara, Kapuspen: Vaksin Nusantara Bukan Program Kami

Konferensi Pusat Penerangan (Puspen) TNI mengenai polemik Vaksin Nusantara di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (19/4/2021). (ist)

JAKARTA | patrolipost.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) buka suara terkait dengan Vaksin Nusantara besutan mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto yang menimbulkan polemik. TNI menegaskan Vaksin Nusantara bukan program TNI.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Achmad Riad saat menggelar konferensi pers di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (19/4/2021).

“Bahwa program vaksin Nusantara bukanlah program dari kami TNI,” kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad.

Kendati demikian, Riad memaparkan pihaknya akan mendukung hal tersebut dengan catatan vaksin tersebut telah memenuhi beberapa persyaratan yang disampaikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Menurut dia, dukungan akan diberikan karena sesuai dengan sikap pemerintah tentang pengembangan inovasi dalam negeri. “Namun demikian, sesuai dengan sikap pemerintah terkait berbagai bentuk inovasi dalam negeri seperti vaksin dan obat-obatan, untuk penanggulangan Covid-19 maka TNI akan selalu mendukungnya,” tuturnya.

Dia menegaskan harus ada tiga kriteria penting yang harus dipenuhi, yaitu keamanan, efikasi, dan kelayakannya. “Selain itu juga perlu pengurusan perizinan, kerja sama TNI dengan berbagai pihak,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, kontroversi mengenai vaksin Nusantara menyeruak ke publik setelah uji klinik fase kedua vaksin garapan eks Menkes Terawan Agus Putranto tetap dilanjutkan meskipun belum mendapatkan izin atau Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinik (PPUK) dari BPOM.

Sejumlah anggota Komisi IX DPR serta beberapa tokoh publik turut menjadi relawan dalam pengembangan vaksin. Sampel darah mereka mulai diambil di RSPAD Gatot Soebroto pada hari Rabu lalu. (305/snc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.