Buka Pemilihan Duta GenRe, Arya Wibawa: Remaja Harus Tetap Semangat, Kreatif dan Inovatif

  • Whatsapp
Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa saat membuka pemilihan Duta GenRe di Dharma Negara Alaya. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Denpasar yang digawangi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Denpasar ini menghadirkan 10 finalis dari Universitas maupun SMA/K se-kota Denpasar. Kegiatan pemilihan Duta GenRe dihadiri sekaligus dibuka Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa di Dharma Negara Alaya, Minggu (18/4/2021).

“Meskipun dalam masa pandemi Covid 19 saat ini remaja harus tetap bersemangat, kreatif, inovatif dan kompeten,” ujar Kadek Agus Arya Wibawa sembari mengucapkan selamat berlomba dan berkompetisi.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Arya Wibawa menyampaikan bahwa pemuda merupakan potensi sumber daya manusia dan berperan sebagai ujung tombak penerus bangsa yang memikul tanggung jawab besar, sehingga perlu dibina untuk menjalani masa transisi menuju masa dewasa.

Pihaknya juga mengatakan bahwa pemerintah  saat ini tengah berkonsentrasi dalam upaya pembangunan manusia Indonesia yang unggul, berkualitas, mandiri, dan berkepribadian. Hal ini salah satu langkah yang dilakukan melalui program pemilihan Duta Generasi Berencana.

Pemilihan Duta GenRe merupakan ajang tahunan yang diadakan di bawah lembaga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Pemilihan ini bertujuan mencari remaja putra maupun putri terbaik di berbagai daerah di Indonesia.

Ajang ini juga merupakan salah satu bentuk kegiatan positif yang dapat diikuti oleh remaja. Namun untuk menjadi Duta Genre tidaklah mudah. Peserta harus memiliki komitmen, visi misi, dan program yang nantinya akan terlaksana jika terpilih menjadi duta. Selanjutnya diharapkan nantinya para pemenang dapat menjadi role model bagi remaja.

Pemilihan Duta GenRe dimulai dari tingkatan paling bawah, yaitu di mulai dari tingkat kampus/desa, lalu tingkat kota. Kemudian yang telah terpilih menjadi Duta GenRe tingkat kota akan bertanding diajang provinsi untuk  memperebutkan gelar terbaik di tingkat nasional.

“Dengan terpilihnya juara nanti, kita berharap dapat mengharumkan nama Denpasar di ajang yang lebih tinggi, ” harap Arya Wibawa.

Selain itu, untuk mendapat gelar Duta GenRe, para peserta harus mengikuti serangkaian tes, mulai dari post test, wawancara, tes presentasi program kerja dan puncaknya adalah pada grand final dengan bertemakan “Remaja Kreatif, Inovatif dan Kompeten Menuju Denpasar Maju”. (cr02)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *