Satgas Pamtas RI-RDTL menyerahkan bantuan 5 tandon air untuk Desa Silawan

Satgas Pamtas Yonif 742/SWY Serahkan 5 Tandon Air di Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

BELU |  patrolipost.com – Turut mendukung kebutuhan air bersih, Komandan Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia (RI) dengan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) Sektor Timur Yonif 742/SWY Letkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro melalui Pasiter Kapten Inf Ali Murtono menyerahkan bantuan berupa 5 unit tandon (penampung) air bersih kepada masyarakat Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (16/4/2021).

Penyerahan bantuan tandon air yang kapasitas 1.200 liter itu diterima Kades Silawan Fernandus Kali dan langsung disalurkan kepada Kepala Dusun Halibada Yohanes E Ulu untuk dipasang di lokasi yang dekat dengan sumber air.

Bacaan Lainnya

Penyerahan bantuan tandon air tersebut menindaklanjuti hasil kunjungan Dansatgas Sektor Timur sebelumnya ke Desa Silawan, dimana saat berdialog dengan Kades maupun tokoh masyarakat setempat sempat dibahas bahwa masyarakat setempat sangat membutuhkan alat penampung air untuk menampung air bersih.

“Alhamdulillah baru hari ini (Jumat, 16 April 2021, red) bisa terealisasi dan kami bantu lima buah tandon air sebagai penampung air, semoga bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya,” harap Letkol Bayu Sigit Dwi Untoro.

Selama ini, kebutuhan air bersih menjadi hal utama bagi kelangsungan hidup manusia dan pada saat melakukan kunjungan ke beberapa pos, rata-rata masyarakat mengeluhkan kesulitan air bersih, karena minimnya sumber air yang ada di wilayah perbatasan RI-RDTL. “Hal ini menjadi PR (pekerjaan rumah, red) dan tugas kita bersama untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat,” katanya..

Salah satu upaya yang harus dilakukan katanya, yaitu melaksanakan reboisasi hutan dan lahan dengan berbagai jenis pohon yang manfaatnya dapat dirasakan dan dinikmati oleh anak cucu kedepan. “Memang hal ini tidak bisa langsung kita nikmati, namun dengan banyaknya pohon besar yang tumbuh, setidaknya mampu menahan dan menampung air, sehingga akan muncul sumber mata air untuk anak cucu kita ke depan,” jelasnya.

Kades Silawan Fernandus Kali mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif 742/SWY atas terwujudnya bantuan tandon air bersih untuk masyarakat Desa Silawan. Rencananya sisa tandon air akan dipasang di beberapa titik yang dekat dengan sumber air, sehingga masyarakat Silawan bisa langsung mendapatkan pasokan air bersih.

Fernandus Kali juga berharap kedepan, hubungan yang sudah terjalin dengan baik selama ini dapat ditingkatkan  karena Satgas Pamtas Yonif 742/SWY sebelumnya dikenal sangat baik oleh masyarakat Silawan. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.