Hadapi Libur Panjang Galungan, Berikut Kesiapan RSUP Sanglah

  • Whatsapp
Direktur Pelayanan Medis, Keperawatan dan Penunjang RSUP Sanglah Dr dr Ketut Ariawati SpA(K).

DENPASAR | patrolipost.com – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah sebagai pusat rujukan rumah sakit di Bali dan melayani Covid-19, dalam menghadapi libur panjang hari raya Galungan 2021 tetap melakukan pelayanan seperti biasa. Hanya beberapa poliklinik yang tutup terhitung 13 – 15 April 2021.

Direktur Pelayanan Medis, Keperawatan dan Penunjang RSUP Sanglah Dr dr Ketut Ariawati SpA(K) mengatakan, pada tanggal 13-15 April 2021 mendatang, RSUP Sanglah melakukan pelayanan tetap seperti biasa. Namun ada beberapa pelayanan yang tutup maupun ada beberapa yang buka.

Bacaan Lainnya

“Rumah sakit tetap melayani pasien-pasien emergensi dengan tetap menyediakan dokter-dokter jaga, terutama dokter bedah, dokter anak dan dokter penyakit dalam radiologi serta anestesi, sehingga pelayanan terhadap pasien emergensi tetap kami lakukan,” ujar dr Ariawati, Senin (12/4/2021).

Namun, pelayan beberapa poliklinik RSUP Sanglah akan ditutup selama libur hari raya Galungan.  Adapun poliklinik yang ditutup adalah poliklinik reguler,  poliklinik wings, dan poliklinik  lainnya termasuk poliklinik kemoterapi. Namun  poliklinik untuk pelayanan pasien kemoterapi yang rawat inap tetap dibuka khususnya untuk beberapa pasien dengan jadwal pengobatan yang tidak dapat diubah.

“Maka pelayanan HD misalnya, kami tetap membukanya walaupun Galungan. Kami membuka satu ruang HD yang khusus untuk pasien-pasien yang harus mendapat tindakan pada hari itu juga,” terangnya.

Sementara beberapa ruangan seperti ruang intensif akan tetap beroperasi. Namun demikian, pelayanan vaksinasi Covid-19 yang biasanya buka setiap hari yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15 April 2021 akan tutup.

“Kami tutup pelayanan vaksinasi dan nanti akan kami buka kembali pada tanggal 16 April 2021,” jelasnya.

Sedangkan untuk pelayanan Covid-19 di RSUP Sanglah ada dua yaitu pelayanan rawat jalan dan pelayanan rawat inap. RSUP Sanglah masih dibuka dengan petugas seperti biasa bertugas di pelayanan Covid-19. Namun pada pasien rawat inap yang mempunyai alur yang sama dengan pasien-pasien rujukan  melalui sistem akan dilakukan oleh tempat-tempat rumah sakit di daerah, yang kemudian akan dilakukan bila sudah terkonfirmasi.

“Bagi pasien yang datang sendiri dan merasa dengan konsentrat silakan datang, kami masih buka ruang skrining untuk mengevaluasi apakah Covid-19 dan dapat dilakukan apabila positif akan dirawat di ruang pelayanan di tempat yang sudah biasa akan ditempatkan,” tuturnya.

Selanjutnya, persiapan farmasi selama libur panjang hari raya Galungan ini, pihaknya telah mempersiapkan stok yang cukup serta petugas jaga sudah terjadwalkan. Demikian juga gizi untuk pasien-pasien rawat inap di RSUP Sanglah telah dipersiapkan sesuai kebutuhan pasien. Terutama untuk jadwal jaga petugas juga telah ditetapkan, sehingga semua kebutuhan dan pemberian gizi pasien dapat terpenuhi. (cr02)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *