Tradisi Ngejot Peradah Klungkung, Sambut Galungan Berbagi Sembako Pada Pandita

Pengurus Peradah Indonesia Kabupaten Klungkung kembali melaksanakan bakti sosial Ngejot pada Jro Mangku/Pandita. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Sebagai pelopor generasi muda Hindu yang bernaung di bawah Panji Peradah (Perhimpunan Pemuda Hindu) Indonesia Kabupaten Klungkung, terus berupaya menancapkan wujud bakti organisasi bagi umat Hindu yang berada di Kabupaten Klungkung.

Sekalian menyambut datangnya hari suci Hari Raya Galungan dan Kuningan yang jatuh nanti pada Rabu 14 April 2021 serta Hari Raya Kuningan yang jatuh pada Sabtu 24 April 2021 yang akan datang, secara khusus pada Minggu (11/4) jajaran Pengurus Peradah Indonesia Kabupaten Klungkung melakukan kegiatan peduli kemanusiaan dengan mengelontorkan bantuan sembako utamanya kepada pandita yang berada di kawasan Desa Selisihan, Klungkung.

Plt Ketua Umum Peradah Klungkung I Nengah Antaranata SPd MPd didampingi Sekretaris Ni Komang Sri Sugiantari Asih dan seluruh jajaran pengurus melaksanakan bakti kemanusiaan yang dikemas dalam program Ngejot demi kepedulian kepada para pinandita(Jro Mangku-red) yang berada di kawasan Desa Selisihan.

Menurut Plt Ketua Nengah Antaranata menyatakan kegiatan bakti sosial Ngejot Peradah Klungkung ini juga dihadiri langsung tokoh aparat Desa yaitu Kadus Kawan Desa Selisihan Wayan Wikanaya serta Perbekel Desa Selisihan I Nengah Sucitra termasuk Sekretaris Desa Selisihan I Wayan Widiyana.

“Adapun sasaran Ngejot Peradah Indonesia Klungkung ini Jro Mangku Pura dalem Selisihan Jro Mangku Ketut Latra, Jro Mangku Pura Puseh Jro Mangku Wayan Sudarma,Jro Mangku Pur puncak Sari Jro Mangku Nyoman Sutena dan Jro mangku Pura Pura Bale Agung Jro mangku Wayan Sutarba,” ujar Nengah Antaranata optimis.

Lebih lanjut kedepannya dirinya berharap program Peradah Ngejot ini bisa menjadi agenda kegiatan tahunan yang berlanjut. Program Peradah Ngejot ini bisa tetap dilaksanakan menggunakan dana swadaya masing-masing urunan dari anggota tanpa keharusan yang sifatnya sukarela.

Sementara itu Ida Ayu Made Cantini menambahkan, dirinya menyatakan bahwa Peradah Ngejot ini, sebagai implementasi ajaran Tri Hita Karana bagian pawongan, DPK peradah klungkung untuk tetap mengadakan tradisi ngejot sekaligus dalam rangka menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan.

“Semoga program Ngejot Peradah Indonesia Kabupaten Klungkung ini bisa tetap terlaksana sebagai wujud bakti organisasi terhadap umat se Dharma. Disamping mengimplementasikan program tahunan dari Peradah Indonesia Kabupaten Klungkung,” terangnya.

Sementara itu Jro Mangku Ketut Latra di sela sela kegiatan Peradah Ngejot, dirinya menyambut baik niat tulus dari jajaran Pengurus Peradah Indonesia, Klungkung ini.

“Saya hanya bisa menyampaikan rasa terimakasih atas kepedulian Peradah Klungkung,” ujarnya bangga. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.