Gempa Susulan Guncang Malang Minggu Pagi

  • Whatsapp
Rumah warga rusak akibat gempa di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. (ist/ant)

SURABAYA | patrolipost.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa kembali terjadi gempa bumi dengan magnitudo 5,5 di barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Minggu sekitar pukul 06.54 WIB.

“Pusat gempa berada di laut 80 km barat daya Kabupaten Malang,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Rahmat Triyono dalam keterangannya, Minggu (11/4).

Gempa ini dirasakan di Kota Malang, Pacitan, Wonogiri, Pacitan, Trenggalek, Nganjuk, Ponorogo, Blitar, Gunung Kidul, Bantul hingga Kulonprogo. BMKG memastikan, gempa susulan ini tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Sebelumnya, gempa bumi dengan magnitudo 6,7 yang diperbarui BMKG menjadi magnitudo 6,1 juga terjadi di sebelah barat daya Kabupaten Malang pada Sabtu (10/4), pukul 14.00 WIB.

Gempa bumi tersebut mengakibatkan adanya kerusakan bangunan mulai dari kategori rusak ringan, rusak sedang maupun rusak berat.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati menyampaikan penanganan darurat gempa bumi Selatan Malang, BPBD Provinsi Jawa Timur terus melakukan koordinasi bersama 38 BPBD Jawa Timur.

Selain itu, BPBD juga terus berkoordinasi dengan BMKG dan instansi Kementerian/Lembaga terkait serta unsur TNI/Polri.

“Adapun status Tanggap Darurat Bencana bagi tiap-tiap Kabupaten/Kota sudah dalam proses penyusunan dan akan segera ditetapkan menyusul perkembangan data dan laporan tim di lapangan,” ucap Raditya.

Selain menyisir wilayah Kabupaten/Kota terdampak, tim dari Agen Bencana, TRC BPBD, Basarnas, TNI dan Polri serta unsur terkait, juga berupaya untuk memberikan bantuan logistik kepada warga terdampak. Kemudian juga melakukan evakuasi dan mendirikan pengungsian serta dapur umum sementara. (305/jpc)

 

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *