6 Orang Tewas Akibat Gempa Malang, BMKG: Waspada Guncangan Susulan

Kerusakan akibat gempa di Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021). (ist)

SURABAYA | patrolipost.com – Sebanyak enam orang tewas akibat gempa yang terjadi di Malang, Jawa Timur. Selain itu, ada satu orang korban luka berat. “Warga meninggal dunia berjumlah enam warga dan satu lain mengalami luka berat,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, Sabtu (10/4/2021).

Jumlah itu berdasarkan data hingga pukul 18.00 WIB. Dari enam korban jiwa, 3 orang berada di Kabupaten Lumajang, dua warga meninggal di antara wilayah Lumajang dan Kabupaten Malang dan satu di Kabupaten Malang.

“BPBD Kabupaten Lumajang mencatat ada titik pengungsian di Desa Kali Uling, Kecamatan Tempur Sari. Jumlah warga mengungsi masih dalam pendataan. Sedangkan di Kabupaten Malang, Blitar, Trenggalek dan Tulungagung belum ada laporan warga yang mengungsi,” ucapnya.

BPDB setempat juga masih mendata kerusakan akibat gempa. Sejumlah bangunan di beberapa daerah Jawa Timur mengalami kerusakan mulai dari berat hingga ringan.

Sebelumnya, gempa yang mengguncang Malang disebut berkekuatan magnitudo (M) 6,7. Dalam keterangan tertulisnya, BMKG melaporkan gempa tersebut terjadi pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB. Titik koordinat gempa berada di 8,95 Lintang Selatan dan 112,48 Bujur Timur.

Waspada Guncangan Susulan
Gempa 6,7 magnitudo mengguncang barat daya Kabupaten Malang. BMKG menyebut ada potensi gempa susulan. “Kalau berdasarkan informasi dari teman-teman Geofisika Malang memang ada potensi gempa susulan tapi tidak lebih besar dari gempa pertama,” ujar Prakirawan BMKG Klas II Maritim Tanjung Perak Surabaya, Fajar Setiawan di Surabaya, Sabtu (10/4/2021).

Fajar mengatakan gempa susulan ini bisa terjadi kapan pun. Namun, skalanya tak lebih besar dari gempa pertama.

“Bisa terjadi kapanpun. Yang jelas gempa susulan bisa terjadi setelah gempa utama,” imbuhnya.

Untuk itu, Fajar mengimbau masyarakat di Jawa Timur untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan. “Imbauan keselamatan, yang jelas waspada adanya potensi gempa susulan. Kalau untuk potensi tsunaminya tidak ada,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gempa bumi berkekuatan magnitudo (m) 6,7 terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gempa ini tidak menimbulkan potensi tsunami. Hampir seluruh wilayah Jatim merasakan goncangan gempa. (305/dtc)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.