Gawat Bro! Emas 1,9 Kg Dicuri Mantan Pegawai KPK: Perketat Pengamanan

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron. (ist)

JAKARTA | patrolipost.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan memperketat pengamanan terhadap seluruh barang bukti perkara korupsi yang disimpan di Direktorat Labuksi. Hal ini aga tidak terjadi lagi kasus dugaan pencurian emas seberat 1,9 kilogram, yang dilakukan oleh mantan pegawai KPK berinisial IGA, tidak terulang kembali.

“Saya berbicara tentang bagaimana perbaikan tata kelola dalam pengelolaan barang bukti di KPK setelah adanya kasus pencurian barang bukti berupa emas batangan,” kata Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (9/4).

Ghufron menegaskan, pengetatan pengamanan terhadap barang bukti tersebut itu dilakukan dengan penggantian personel jaga. Selain itu, dengan kode pengaman brankas yang akan diacak secara berkala.

“Kami akan kemudian melakukan perbaikan akan merotasi. Maksudnya rotasi apa? Rotasi baik personel maupun secara reguler kunci itu agar menggunakan kode-kode yang selalu akan secara reguler kami acak kembali,” ujar Ghufron.

Pimpinan KPK berlatar belakang akademisi ini menyampaikan, kasus pencurian emas merupakan konsekuensi dihadapi KPK dalam menjaga barang bukti perkara. Dia menegaskan, KPK akan bertindak tegas meski kepada pegawai yang kemudian melakukan penyimpangan.

“Walaupun salah tapi kami tetap melakukan secara prosedural untuk membuktikan bahwa KPK adalah manusia yang bisa salah. KPK disiplin dalam menegakan aturan-aturan,” tegas Ghufron. (305/jpc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.