Wabup Resmikan Jalan Usaha Tani Subak Sidayu

  • Whatsapp
Wakil Bupati (Wabup) Klungkung, I Made Kasta menghadiri ritual mecaru dan meresmikan Jalan Usaha Tani Subak Sidayu, Jumat (9/4). (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Bertepatan dengan rahina Sugihan Bali, Wakil Bupati (Wabup) Klungkung, I Made Kasta menghadiri ritual upacara mecaru sekaligus meresmikan Jalan Usaha Tani Subak Sidayu, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Jumat (9/4).

Acara diawali dengan ritual mecaru dan sembahyang bersama di jembatan yang membentang di atas sungai/tukad Jinah dan dilanjutkan dengan peresmian yang ditandai dengan pemotongan benang oleh Wabup Made Kasta.

“Semoga dengan dibangunnya jalan ini akan mampu memperlancar mobilitas alat mesin dan sarana produksi menuju lahan pertanian, serta dapat memperlancar hasil produksi pertanian menuju tempat penyimpanan, pengolahan atau pasar,” ujar Wabup Made Kasta didampingi Kepala Dinas Pertanian IB Juanida.

Pengembangan Jalan Usaha Tani ini dimulai sejak 27 Nopember sampai dengan 31 Desember 2020 lalu. Kadis Pertanian IB Juanida melaporkan, pembangunan jalan dengan panjang 278,2 M dan lebar 1,5M ini menggunakan dana anggaran tahun 2020 sebesar Rp 100 juta.

Dalam pengerjaannya dilakukan secara swadaya partisipasi dan swadaya anggota kelompok secara gotong royong, dalam hal pengerjaan dan pengangkutan material. Selain itu sempat pula terjadi kendala seperti sedikitnya tenaga yang bekerja akibat dampak pandemi Covid-19 serta pembangunan jembatan yang mengalami kendala akibat debit air yang membesar.

Sementara itu Klian Subak Sidayu, I Ketut budi menyampaikan terima kasih karena jalan usaha tani sudah berhasil diwujudkan. Lebih lanjut Ketut Budi menjelaskan, Subak Sidayu beranggotakan 155 orang. Subak terbagi menjadi tiga Tempek diantaranya Tempek Uma Tawang, Tempek Sidayu Kaja dan Tempek Babakan. (855)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *