Ikuti Tradisi Kenaikan Pangkat, Dansatgas Pamtas Yonif 742/SWY Ikut Nyebur ke Kolam Ikan

Tradisi nyebur ke kolam ikan sebagai ungkapan syukur atas kenaikan pangkat. (ist)

BELU | patrolipost.com – Ada yang menarik dari tradisi satuan Satgas Pamtas RI-RDTL Batalyon Infanteri 742/Satya Wira Yudha (Yonif 742/SWY), seusai menggelar upacara kenaikan pangkat satu tingkat dari pangkat semula yang dilaksanakan di lapangan Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY, Kamis (1/4/2021). Tiba-tiba beberapa prajurit tanpa komando langsung mengangkat Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY Letkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro lalu menceburkan diri ke kolam ikan dekat messnya untuk menjalani tradisi satuan mandi kolam ikan.

Meski sempat kaget, namun Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY segera menyadari dan harus ikut menjalani tradisi satuan yang sudah menjadi aturan turun temurun. Setelah menceburkan diri ramai-ramai ke dalam kolam, para prajurit yang naik pangkat langsung menyanyikan lagu “Syukur” yang terdengar haru dan penuh makna.

Bacaan Lainnya

“Meskipun tengah menjalankan tugas negara untuk mengamankan wilayah perbatasan Republik Indonesia (RI) dan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL), prosesi kenaikan pangkat satu tingkat dari pangkat semula yang menjadi kebanggaan para prajurit tetap dilaksanakan dengan cara dan suasana sederhana namun tetap khidmat,” ujar Letkol Bayu Sigit Dwi Untoro, dalam sambutannya pada Upacara Kenaikan Pangkat periode 1 April 2021 di lapangan Mako Satgas Pamtas Sektor Timur, Kelurahan Umanen, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu, NTT.

kenaikan pangkat satu tingkat ini katanya, merupakan penghargaan yang diberikan negara atas prestasi dan dedikasi para prajurit dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam jabatan. Juga merupakan kehormatan dan kepercayaan yang diberikan pimpinan kepada prajurit, dengan harapan mampu menunjukkan dan mempertanggung-jawabkan makna kenaikan pangkat ini secara moral.

“Kenaikan pangkat ini harus dijadikan motivasi dan penyemangat serta tekad untuk memberikan pengabdian yang terbaik bagi Satuan Yonif 742/Satya Wira Yudha ini,” kata Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY.

Dia berharap, agar para prajurit dapat meningkatkan kinerja, profesionalitas, berani, tulus, dan ikhlas dalam mengabdikan diri kepada masyarakat, bangsa, dan negara terlebih saat ini sedang berada di wilayah perbatasan RI-RDTL.

Letkol Bayu Sigit Dwi Untoro mengajak para prajurit untuk mencurahkan pikiran dan tenaga dengan niat yang tulus dan ikhlas untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat di wilayah perbatasan RI-RDTL, dengan harapan kecintaan kepada bangsa dan negara bisa tumbuh subur di wilayah perbatasan kedua negara tersebut.

Usai melaksanakan tradisi satuan, acara kenaikan pangkat periode 1 April 2021 diakhiri dengan syukuran di Mako Satgas Pamtas. Adapun jumlah personel Yonif 742/SWY yang naik pangkat, baik yang berada di Satgas Pamtas maupun di home base Mataram NTB sebanyak 32 personel, terdiri dari Dansatgas (dari pangkat Mayor ke Letkol), 9 orang (dari Sertu ke Serka), 15 orang (dari Serda ke Sertu),  6 orang (dari Praka ke Kopda), dan seorang prajurit dari pangkat Pratu ke Praka. Acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada para prajurit yang naik pangkat. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.