Tingkatkan Minat Baca, Bupati Serahkan Buku Bacaan dan APE

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyerahkan bantuan buku, Alat Permainan Edukatif (APE) dan sembako kepada warga di Desa Pikat, Kamis (25/3). (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyerahkan bantuan buku, Alat Permainan Edukatif (APE) dan sembako kepada dua keluarga kurang mampu di Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Kamis (25/3).

Kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan peningkatan mutu pelayanan publik, dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung melalui program inovasi Layanan Pustaka Permainan Edukatif Anak (Lapak) dan Pelayanan Literasi Antar ke Rumah (Pinter).

“Melalui program ini, dinas perpustakaan akan lebih berperan di tengah pandemi, di mana masih banyak warga yang mengalami putus sekolah dan berkurangnya minat baca akibat perkembangan teknologi digital dan IT. Maka melalui program inovasi Lapak, terutama bagi keluarga kurang mampu, diharapkan warga mendapatkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan serta dapat merubah perilaku dalam rangka pemberdayaan untuk menuju keluarga kesejahteraan,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menambahkan, pihaknya akan menggencarkan program belajar Kejar Paket untuk warga. Program belajar ini tidak hanya kepada anak-anak remaja usia sekolah, namun juga kepada para orangtua yang putus sekolah. Perbekel dan para Kadus supaya lebih aktif mendata warga yang putus sekolah, untuk selanjutnya dilaporkan. Pemkab akan membantu lewat beasiswa KK Miskin.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Komang Wisnuadi mengatakan, penerima bantuan merupakan warga kurang mampu yang memiliki anak usia sekolah. Mereka diantaranya Ni Komang Sunasih pekerja pemilah sampah di TOSS Center yang merupakan janda dengan tiga anak dan Ni Komang Suamingsih yang juga seorang janda dua anak yang bekerja sebagai buruh.

Bantuan yang diberikan seperti buku bacaan, cerita dan motivasi serta Alat Permainan Edukatif dan juga sembako. Bantuan buku diharapkan akan dapat meningkatkan pemikiran dan semangat inovatif. Sedangkan sembako berupa beras Bulog yang mengandung vitamin lengkap, diharapkan akan dapat mencegah terjadinya stunting pada anak-anak. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.