Terobosan Baru, Ujian Sekolah Online di SMAN 5 Denpasar Manfaatkan Add On Quilgo

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Kepala SMA Negeri 5 Denpasar Cokorda Istri Mirah Kusuma Widiawati. (maha)

DENPASAR | patrolipost.com – Inovasi ujian sekolah berbasis daring dilakukan oleh SMA Negeri 5 Denpasar. Sekolah dengan lahan terluas di Kota Denpasar itu, memanfaatkan fasilitas google form dan add on Quilgo dalam melaksanakan ujian online.

Kepala SMA Negeri 5 Denpasar, Cokorda Istri Mirah Kusuma Widiawati mengatakan, terobosan itu dilakukan agar siswa tidak kesulitan dalam mengerjakan soal ujian. Secara teknis, siswa juga tetap disiplin mengikuti waktu ujian yang telah ditetapkan oleh sekolah. Mengingat, sistem yang dibangun di Quilgo memungkinkan dalam pengaturan waktu mulai, dan waktu selesai dalam sebuah durasi ujian.

Bacaan Lainnya

“Ini sangat bagus menurut saya. Siswa lebih disiplin dalam mengikuti ujian yang tepat waktu, para guru pun juga lebih mudah membagikan soal melalui email siswa,” kata Cok Widiawati saat ditemui di Denpasar, Senin (22/3/2021).

Sebelumnya, Computer Nased Test (CBT) seperti itu telah dilakukan dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dalam periode sebelum pandemi melanda. Pola yang sama, kemudian diterapkan di SMA Negeri 5 Denpasar untuk ujian sekolah saat ini.

Cok Widiawati mengatakan, model ujian dengan memanfaatkan google form ini menjadi lebih efektif dan mudah. Hanya saja, dirinya mengakui, perlu menyiapkan SDM yang handal seperti proktor atau petugas pengendali server.

“Kami ada 12 proktor, karena jumlah kelas ada 12 dan setiap kelas diampu oleh seorang proktor,” jelasnya.

Ia mengatakan, pihak sekolah akan terus mengevaluasi ujian berbasis komputer yang memanfaatkan portal quilgo.com itu. Jika ke depan tetap memungkinkan, maka pola yang sama akan tetap diterapkan pada ujian-ujian selanjutnya.

“Ini terobosan yang kita lakukan dan baru pertama dilakukan di SMA Negeri 5 Denpasar, bahkan di Bali,” kata Cok Widiawati. (pp03)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *