Hari Pertama, Vaksinasi Massal Sasar 1.279 Warga Sanur

Pelaksanaan vaksinasi massal di Desa Sanur. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Pemerintah Kota Denpasar menggelar vaksinasi massal di 12 titik yang berada di tiga wilayah, yakni Desa Sanur Kaja, Desa Sanur Kauh, dan Kelurahan Sanur, Senin (22/3/2021). Hal ini dilakukan untuk mempercepat terciptanya kawasan zona hijau di Sanur. Adapun pada vaksinasi hari pertama menyasar sebanyak 1.279 warga.

Salah satu lokasi pelaksanaan vaksinasi, yakni di Banjar Dangin Peken, Desa Sanur Kauh, terpantau sejak pagi hari masyarakatnya sudah berdatangan ke lokasi untuk mengikuti vaksinasi. Adapun dalam vaksinasi kali ini, vaksin yang digunakan yakni vaksin AstraZeneca.

Salah satu warga, Komang Sutrisna Adi Putra mengatakan bahwa pihaknya tidak merasa cemas dengan pelaksanaan vaksinasi ini.

“Saya tidak merasa cemas, karena ini kan program pemerintah, jadi pasti diberikan yang terbaik untuk masyarakat,” jelasnya.

Sementara Kepala Dusun Banjar Dangin Peken, Kadek Dendy Jambyantara mengungkapkan, untuk pelaksanaan vaksinasi di hari pertama ini, pihaknya menargetkan sebanyak 100 warga tervaksin. Adapun pelaksanaan vaksinasi tetap menerapkan Prokes, sehingga kedatangan warga desa pun telah diatur yakni dalam 1 jam sebanyak 20 orang.

“Untuk tahap awal dilaksanakan selama 6 hari, semoga bisa selesai. Kalau tidak akan diperpanjang lagi harinya,” terangnya.

Pihaknya menambahkan bahwa jumlah warga yang akan mendapat vaksin di wilayahnya yakni sebanyak 1.200 orang. Selama ini belum ada masyarakat yang merasa waswas atau khawatir terkait vaksinasi. Namun sebelum pelaksanaan vaksinasi, pihaknya mengaku telah menggelar sosialisasi lewat prajuru banjar.

“Semua sangat antusias seperti yang bisa dilihat hari ini,” paparnya.

Sebelumnya, Walikota Denpasar IGN Jaya Negara menjelaskan bahwa untuk pelaksanaan vaksinasi ini akan menyasar sebanyak 35 ribu orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 8 ribu orang merupakan pekerja hotel dan restoran.

“Setiap kelurahan dan desa menyiapkan masing-masing empat posko,” ungkapnya.

Jaya Negara berharap masing-masing posko perharinya mampu melayani 100 orang. Sehingga dalam seharinya, jumlah masyarakat yang tervaksin sebanyak 1.200 orang.

“Mudah-mudahan dalam dua, tiga minggu ke depan vaksinasi ini bisa tercapai,” harapnya.

Pihaknya mengusulkan sebanyak 15 ribu dosis untuk tahap pertama pelaksanaan vaksinasi di Sanur.

“Nanti sambil jalan vaksin akan ditambah lagi sehingga semua bisa tuntas,” tutupnya.

Sementara 12 titik posko lokasi pelaksanaan vaksinasi ini, meliputi Banjar Betngandang, SMKN 3 Denpasar, Banjar Medura, Banjar Dangin Peken, Pasar Intaran, Lapangan Yayasan Pembangunan Sanur, Banjar Semawang, Pasar Sindu, Banjar Pekandelan, SMAN 6 Denpasar.

Selanjutnya, ada dua posko khusus untuk pekerja di sektor pariwisata yang meliputi Prime Plaza Hotel dan Bali International School.

Sedangkan untuk petugas pelaksana vaksinasi berasal dari Puskesmas I, II, III dan IV Denpasar Selatan, Puskesmas I, II, dan III Denpasar Utara, Puskesmas I dan II Denpasar Timur, Puskesmas I Denpasar Barat, Poltekkes, RSUD Wangaya, dan RSUP Sanglah. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.