Tinjau Perbaikan Jalan, Bupati Motivasi Juga Anak Putus Sekolah

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat meninjau perbaikan jalan di Desa Besan, Kecamatan Dawan, Minggu (21/3). (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meninjau perbaikan jalan menuju Pura Taman dan Tukad Tista di Desa Besan, Kecamatan Dawan, Minggu (21/3). Kegiatan yang dilakukan secara gotong royong oleh warga Tempek Taman Dusun Kawan ini merupakan bantuan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dari dana operasionalnya.

Dalam kegiatan ini Bupati Suwirta turut didampingi Ny Ayu Suwirta, Camat Dawan Dewa Gede Widiantara serta Kadis Pariwisata A A Gede Putra Wedana dan tokoh masyarakat.

Namun saat berjalan menyapa warga yang tengah bergotong royong, perhatian Bupati Suwirta tertuju kepada sosok remaja pria usia sekolah, berambut godrong dan mengenakan sejumlah anting pada kedua kupingnya. Bupati Suwirta pun memanggil remaja tersebut dan mengajaknya berbincang.

Dalam perbincangan itu terungkap, remaja tersebut bernama Nengah Sudarma (16), remaja yang duduk di bangku kelas 8 SMP, namun saat ini ia putus sekolah dan berasal dari keluarga kurang mampu. Mendapati kenyataan tersebut, Bupati Suwirta pun menasihati Nengah Sudarma untuk kembali melanjutkan sekolah jika situasi sudah normal. Karena jika hanya berbekal ijazah SD, maka tidak akan mampu bersaing di dunia kerja apalagi di era seperti sekarang.

Menurutnya, hal seperti inilah yang akan menyebabkan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi rendah dan akan menumbuhkan angka kemiskinan yang baru. Maka untuk mengantisipasi hal itu dirinya langsung memerintahkan perangkat desa untuk mendata warganya yang mengalami putus sekolah.

“Putus sekolah tidak hanya dikarenakan oleh faktor ketidakmampuan pihak keluarga, namun juga akibat pergaulan dan tidak adanya dorongan untuk mengarahkan anak untuk belajar di sekolah. Kepada para perangkat desa saya minta supaya secepatnya mendata anak-anak kita yang mengalami putus sekolah. Dan selanjutnya mengikutsertakan dalam program belajar kejar paket C, ” ujar Bupati Suwirta.

Kepada Camat Dawan Dewa Gede Widiantara, Bupati Suwirta juga meminta supaya menggencarkan kembali program belajar kejar paket C. Sementara itu Kepala Dusun Kawan Desa Besan Ibu Kadek Sela mengatakan, tercatat ada sebanyak 6 orang yang berstatus putus sekolah di dusunnya. Mereka rata-rata berasal dari warga kurang mampu.

Terkait dengan potensi desa, Bupati Suwirta mengakui Desa Besan mempunyai banyak potensi alam yang bisa dikembangkan menjadi agrowisata. Untuk itu pihaknya meminta untuk didata lebih baik potensi yang ada. Sedangkan untuk urusan pembangunan sarana penunjang destinasi wisata, akan bisa ditangani oleh Pemkab Klungkung. Pihaknya berharap semua potensi bisa digali dan dikembangkan demi peningkatan kesejahteraan warga desa setempat. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.