Menulis Cerpen Bahasa Bali, Kadisdik Apresiasi Guru Peserta Lomba

Kadisdik Drs Ketut Sujana saat menyerahkan hadiah lomba menulis cerpen Bahasa Bali di SDN 1 Semarapura Tengah. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung terus menggencarkan lomba menulis cerpen dan mesatua Bali. Kegiatan itu terus digalakkan untuk membangkitkan keterampilan menulis cerpen utamanya ber Bahasa Bali. Hal tersebut untuk membangkitkan penggunaan bahasa ibu, Bahasa Bali, utamanya dikalangan para pendidik disemua jenjang pendidikan di Klungkung.

Dari serangkaian lomba menulis cerpen Bahasa Bali di jajaran guru Sekolah Dasar (SD) menurut Plt Kepsek Semarapura Tengah I Wayan Sudiana Urip menyatakan yang ikut lomba menulis cerpen Bahasa Bali ada 28 orang peserta, yang merupakan guru-guru yang piawai menyurat Bali.

Lebih jauh menurutnya, lomba menulis cerpen Bahasa Bali diselenggarakan oleh Komunitas Literasi Klungkung (Klasik) yang diketuai oleh Anak Agung Istri Inten Sukma Pratiwi, SPd SD. Komunitas di bawah binaan Korwil Kecamatan Klungkung, Ni Wayan Siwalatri.

Ketua Komunitas Anak Agung Istri Inten Sukma Pratiwi SPd SD ditemui menyatakan bahwa peserta lomba adalah para guru SD se-Kecamatan Klungkung dengan puncak penyerahan hasil lomba yang dilaksanakan di SDN Semarapura Tengah pada Jumat (19/3).

”Adapun jumlah peserta 28 orang dan jumlah naskah cerpen yang masuk 32 naskah,” ujar Gung Inten Optimis. Adapun yang keluar sebagai juara dengan judul Tenget diraih oleh I Nyoman Sukiarta SAg (Guru SDN 1 Semarapura Klod), juara 2 dengan judul Karang Sari Ngulangunin diraih I Made Oka Sugiarsana SPd, juara 3 dengan judul Pengipian diraih Ni Wayan Sukatamin Giri SPd H (Guru SDN 1 Tojan).

Kadisdik Kabupaten Klungkung, Drs I Ketut Sujana MPd H saat dihubungi, Sabtu (20/3) menyatakan sangat mengapresiasi lomba menulis cerpen Bahasa Bali. Dirinya hadir pada Jumat (19/3) sekaligus membuka acara penyerahan hadiah lomba menulis cerpen Bahasa Bali ini.

Lomba menulis cerpen Bahasa Bali ini yang langsung diselenggarakan oleh Komunitas Literasi Klungkung (Klasik) yang diketuai oleh Anak Agung Istri Inten Sukma Pratiwi di SD Negeri 1 Semarapura Tengah ini. Hadir Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan atau yang diwakili Kasi Pembinaan PAUD Desak Suarsani, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar atau yang diwakili Kasi Kurikulum Bu Komang Sukreni , Koordinator Wilayah Kecamatan Klungkung Ni Ketut , Pengawas Pembina SD Kabupaten Klungkung Ni Wayan Siwalatri serta peserta lomba menulis cerpen se-Kecamatan Klungkung.

“Besar harapan agar dengan diadakan lomba ini bisa menjadi motivasi bagi guru-guru yang lain, literasi ini bisa dijadikan dasar untuk mengembangkan cerita. Kadisdik Kabupaten Klungkung juga mengucapkan terima kasih kepada peserta karena sudah mau ikut serta dalam lomba ini. Semoga kedepannya bisa lebih berkembang demi mewujudkan sekolah yang unggul,” tegas Drs Ketut Sujana. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.