Melonjak Lagi! Kasus Positif Covid-19 Denpasar 81 Orang, 4 Pasien Meninggal Dunia

Juru Bicara Satgas  Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai.

DENPASAR | patrolipost.com – Pasien sembuh Covid-19 Kota Denpasar bertambah sebanyak 56 orang. Sedangkan, kasus positif Covid-19 juga bertambah sebanyak 81 orang dan 4 pasien dinyatakan meninggal dunia. Hal ini disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, saat dikonfirmasi, Jumat (19/3/2021).

“Perkembangan kasus harian, pada hari ini kasus sembuh bertambah 56 orang, kasus positif  bertambah 81 orang dan 4 pasien dinyatakan meninggal dunia. Masih terjadinya penularan Covid-19 saat ini harus menjadi perhatian serius bagi kita semua,” ujar Dewa Rai.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut dipaparkan bahwa secara kumulatif, kasus positif tercatat 11.814 kasus, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai angka 11.001 orang  (93,12 persen), meninggal dunia sebanyak 228 orang (1,93 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak  585 orang (4.95 persen).

Sementara terkait kasus meninggal dunia, Dewa Rai merinci bahwa pasien pertama diketahui seorang laki-laki usia 42 tahun yang berdomisili di Desa Sumerta Kelod. Pasien kedua merupakan seorang laki-laki usia 78 tahun yang berdomisili di Desa Sumerta Kauh.

“Pasien ketiga dan keempat diketahui keduanya berjenis kelamin perempuan yang masing-masing berusia 46 tahun dan 60 tahun dengan status domisili di Kelurahan Sesetan,” jelasnya.

Dewa Rai mengajak seluruh masyarakat untuk waspada dan tidak lengah atas perkembangan kasus saat ini. Meski sudah diberikan kelonggaran dalam beraktivitas, penerapan protokol kesehatan tetap harus wajib dilaksanakan.

“Jangan mengurangi kewaspadaan, titik-titik lengah kemungkinan menyebabkan tingkat kasus Covid-19 di Denpasar meningkat, jadi intinya kapanpun dan dimanapun harus tetap waspada dan disiplin menerapkan Protokol Kesehatan,” imbuhnya.

Berbagai upaya  terus dilaksanakan guna mendukung penurunan zona resiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian.  Hal ini dilaksanakan dengan menggelar operasi yustisi protokol kesehatan, sosialisasi dan edukasi berkelanjutan secara rutin dengan menggunakan mobil calling atau door to door, serta melaksanakan penyemprotan disinfektan wilayah secara terpadu. Selain itu, Pemkot Denpasar juga terus berupaya untuk memaksimalkan realisasi vaksinasi kepada masyarakat.

“Mohon kepada masyarakat untuk  melakukan prokes secara ketat, termasuk saat di rumah wajib menerapkan prokes yang ketat untuk meminimalisir klaster keluarga, termasuk juga kami mengajak masyarakat untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19,” ajak Dewa Rai.

Adapun upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai menerangkan bahwa Satgas mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Melihat perkembangan kasus, Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan Covid 19 tidak semakin meluas.

“Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 3 M (menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan),” tutup Dewa Rai. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.