Muscab DPC PKB 4 Kabupaten di Labuan Bajo: Lebih Optimis Hadapi Pilpres 2024

Suasana Muscab DPC PKB Zona 3 NTT di hotel La Prima Labuan Bajo, Kamis (11/3/2021).

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Musyarawarah Cabang (Muscab) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Zona NTT 3 yang melibatkan empat kabupaten yakni Manggarai, Manggarai Barat (Mabar), Manggarai Timur dan Kabupaten Ngada, berlangsung di Labuan Bajo, Kamis (11/3/2021). Dari dinamika politik yang berkembang serta dari susunan pengurus DPC 4 kabupaten yang terpilih, muncul optimisme menghadapi Pileg, Pilgub dan Pilpres 2024.

Dalam Muscab ini, Sewargading SJ Putra terpilih menjadi Ketua DPC PKB Kabupaten Manggarai Barat. Sementara posisi sekretaris diisi oleh Sebastianus Nyaman dan Bendahara Hendrik Harfon. Sebelumnya Ketua DPC dijabat oleh Ketua Caretaker, Ana Waha Kolin dan Masri Urus sebagai Sekretaris. Sementara itu hasil Muscab juga menunjuk Tobias Napang sebagai Ketua Dewan Syuro dan Masri Urus terpilih menjadi sekretaris.

Bacaan Lainnya

Ketua DPC PKB Mabar terpilih, Sewardgading menyampaikan ucapan apresiasi atas kepercayaan anggota, baik DPC maupun DPAC PKB Mabar yang telah memilih dirinya memimpin PKB Mabar hingga tahun 2026.

Seward menilai, komposisi kepengurusan baru akan dijadikan starting point bagi PKB Mabar dalam menghasilkan iklim demokrasi yang sehat serta mampu menjadikan PKB Mabar parpol yang maju dan unggul di Kabupaten Manggarai Barat.

“Komposisi ini menjadi starting point dari PKB untuk semakin maju, untuk menjadi parpol yang kuat dan sehat dan mampu menciptakan iklim demokrasi yang bagus sehingga negara juga bisa maju,” ujarnya.

Selain itu Seward juga optimis, PKB Mabar mampu menyempurnakan struktur kepengurusan yang solid sehingga mampu menghadapi sejumlah agenda besar ke depan.

“Saya sangat optimis, di sisi lain juga dalam perjalanan waktu ke depan akan ada pembenahan yang akan dilakukan. Dari DPW juga memberikan waktu 3 hari untuk melakukan penyempurnaan struktur kepengurusan. Optimisnya harus ada. Kami ditugasi melakukan pemantapan kepengurusan sesuai rekomendasi yang ada yakni pengelolaan partai guna menghadapi beberapa agenda besar kedepan seperti Pileg dan Pilgub serta Pilpres ke depan,” jelas Seward.

DPC Mangarai dan Ngada

Sementara itu Kosmas Banggut kembali terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Manggarai periode 2021-2026. Kosmas Banggut kembali dipercaya menjadi Ketua dan Bonevasius Berdi kembali mengisi posisi sekretaris. Muscab DPC PKB Manggarai dihadiri 7 PAC dari 12 PAC di Kabupaten Manggarai.

Kosmas Banggut usai Muscab kepada awak media mengatakan, ada dua agenda penting yang akan dilakukannya dalam kepengurusanya diantaranya, pembenahan struktur dan penguatan basis.

“Pertama, kita akan fokus melakukan pembenahan struktur secara sistematis sampai ke PAC. Kedua, kita juga akan fokus pada penguatan basis, mengingat 2019 kita dapat 4 kursi. Tahun  2024 kita berusaha minimal bisa mempertahankan jumlah itu, syukur kalau bisa jadi pimpinan,” kata Kosmas Banggut.

Sementara DPC PKB Kabupaten Manggarai Timur masih dipimpin oleh Yohanes Rumat dan Sekretaris juga masih dijabat oleh Tarsisius Syukur.

Untuk Kabupaten Ngada, Bernadinus Dhey Ngebu terpilih sebagai Ketua DPC PKB yang baru. Bernadinus yang juga merupakan Ketua DPRD Kabupaten Ngada ini menggantikan ketua sebelumnya yakni Richardus Bhara. Sebelumnya, Bernadinus mengisi posisi sekretaris DPC PKB Ngada. Sementara pada kepengurusan baru ini, Richardus Bhara menjabat sebagai Ketua Dewan Suroh DPC PKB Ngada.

Bernadinus seusai Muscab menjelaskan, lahirnya kepengurusan baru semakin membuat  PKB Ngada optimis menjadi partai yang lebih besar dan lebih solid sehingga mampu menjadi parpol pemenang dalam setiap ajang demokrasi.

“Tidak mendahului kehendak Tuhan, tapi dengan posisi yang kemarin saja kita mendapatkan empat kursi dan menjadi pemenang dengan posisi Ketua DPRD. Kemarin juga kita koalisi dengan Partai Golkar dan memenangkan Bupati dan Wakil Bupati karena sekarang Wakil Bupati itu kader PKB. Sehingga kita optimis dengan struktur yang ada ke depan akan lebih besar,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPW PKB NTT Sirilus Ladur kepada awak media mengatakan, proses Muscab Zona 3 NTT telah berjalan dengan awas demokrasi yang baik. Sirilus juga menjelaskan terkait adanya dinamika internal pada setiap pemilihan kepengurusan DPC dalam Muscab merupakan hal yang biasa.

“Kalau untuk dinamika itu soal internal DPC. Itu soal kepentingan yang semuanya bermuara kepada kepentingan politik, baik pada Pileg yang akan datang maupun Pilkada dan Pilpres juga sehingga dinamika itu pasti ada. Untuk Mabar sampai pada tahap lobby tidak sampai pada situasi yang tidak diinginkan. Dan lobby juga dipimpin oleh Ketua DPP. Sementara untuk Manggarai, Manggarai Timur dan Ngada juga berjalan dengan baik,” jelas Sirilus.

Muscab ini diikuti oleh anggota Dewan Pimpinan Cabang (DPC) serta Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) empat kabupaten dalam Zona NTT 3. Muscab ini juga dihadiri Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Bambang Susanto serta Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB NTT Alosius Maloladi. (334)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.