Astra Motor Bali Jalin Kerjasama dengan SMK Negeri 3 Singaraja

Pihak Astra Motor Bali dan Kasek SMKN 3 Singaraja memperlihatkan naskah MoU yang sudah ditanda tangani. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Sebagai bentuk dukungan di dunia Pendidikan, PT AHM melalui Astra Motor Bali selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Bali kembali meresmikan kerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan SMK, yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik & Bisnis Sepeda Motor Astra Honda (KTBSM).

Peresmian kerjasama yang diwujudkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)  dilaksanakan di aula sekolah  SMK Negeri 3 Singaraja, Selasa (9/3/2021) dihadiri Drs I Nyoman Suastika MPd selaku kepala sekolah dan Putu Hendra Sagita selaku Technical Training Coordinator Astra Motor Bali.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan penandatangan ini juga dilakukan penyerahan donasi satu unit sepeda motor Honda dan 1 set tools equipment serta modul penunjang pembelajaran.

Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Singaraja Drs I Nyoman Suastika MPd, sangat berterima kasih atas perhatian dari PT AHM, yang dalam hal ini diteruskan oleh Main Dealer Astra Motor Bali. Menurutnya dengan KTSM Honda ini dapat meningkatkan kompetensi siswa dan meningkatkan kesesuaian program siswa dengan kebutuhan dunia usaha.

“Dengan kerjasama ini kami berharap dapat memberikan manfaat tidak hanya sekadar teknik saja namun juga dapat dikembangkan menjadi teknik bisnis sepeda motor Honda, dan lulusan sekolah kami siap bekerja di jaringan Honda maupun dapat menjadi wirausahawan mandiri,” ungkap Nyoman Suastika.

Kegiatan program Kurikulum Teknik & Bisnis Sepeda Motor Astra Honda (KTBSM) ini dilatar belakangi oleh tanggung jawab perusahaan terhadap dunia pendidikan. Seluruh SMK TBSM yang bekerja sama dengan Honda tidak hanya mendapatkan kurikulum teknik sepeda motor Honda, namun juga diselenggarakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan keahlian siswa dan guru, seperti uji kompetensi guru dan seminar teknologi. Para siswa juga bisa melaksanakan Praktek Kerja Industri di seluruh jaringan AHASS atau bengkel resmi Honda.

Sekolah yang sudah melakukan MoU dapat memanfaatkan portal resmi Honda yaitu e-Learning dan e-Database. Nantinya, SMK bisa mendownload materi ajar sesuai dengan kurikulum teknik sepeda motor Astra Honda, melihat lowongan pekerjaan untuk lulusan SMK binaan Honda, serta produk-produk terbaru dari Honda.

Satu Hati Education Program (SHEP) Manager yang juga sekaligus sebagai Technical Service Manager Astra Motor Bali, Agung Surya mengatakan, tidak hanya fokus pada kuantitas tapi juga akan meningkatkan kualitas implementasi KTSM Honda. Melalui kerjasama link & match ini diharapkan bisa meningkatkan proses pembelajaran di SMK Negeri 3 Singaraja yang nantinya diharapkan menghasilkan output yang kompeten serta dapat bersaing di dunia kerja.

Silabus KTSM Astra Honda ini dikembangkan dengan memadukan standard kompetensi yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dengan materi pelatihan teknik dari PT Astra Honda Motor yang juga mencakup materi pelatihan dan uji kompetensi mekanik di Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

“Kami mendukung program pemerintah dan berupaya secara bertahap dan konsisten dalam pengembangan pendidikan dengan program ‘Link and Match’ melalui sinkronisasi kurikulum bersama SMK jurusan teknik sepeda motor dengan kebutuhan dunia kerja,” ungkap Agung Surya.

Selain itu lulusan yang berkualitas memiliki peluang bekerja di jaringan bengkel resmi Honda  dan juga dapat mengembangkan pengetahuan serta keterampilannya untuk berwirausaha dengan membuka bengkel khusus yang dibina langsung oleh jaringan AHASS.

Dalam perjalanannya, secara periodik program ini terus dikembangkan oleh Astra Motor Bali. Dengan dilakukannya penandatangan MoU ini, menambah jumlah KTSM Astra  Honda di Pulau Dewata menjadi 9 sekolah, setelah sebelumnya SMK PGRI 2 Badung (2012), SMK Negeri 1 Manggis Karangasem (2014), SMK Rekayasa Denpasar (2015), dan SMK Negeri 1 Amlapura (2015), SMK Negeri 1 Klungkung (2016), SMK N 1 Gerokgak (2016), SMK N 2 Negara ( 2016), SMKN 1 Denpasar (2017). Teranyar saat ini diresmikan MoU dengan SMK Negeri 3 Singaraja (2021). (rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.