Pusat Gelontorkan Anggaran Rp 4,5 Miliar untuk PAUD Bangli

  • Whatsapp
Kabid PAUD dan Non Formal, Disdikpora Bangli, I Made Widana SE. (sam)

BANGLI |patrolipost.com – Pemerintah pusat lewat Kementerian Pendidikan tahun 2021 mengucurkan anggaran Rp 4,5 miliar untuk menunjang sarana prasarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bangli. Selain itu lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik pusat mengelontorkan anggaran untuk Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) sebesar Rp 743 juta.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang PAUD dan Non Formal Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Bangli, I Made Widana SE, Jumat (5/3/2021). Menurut Made Widana, untuk mendanai kebutuhan sarana dan prasarana bidang pendidikan, pusat mengucurkan anggaran lewat DAK Fisik. Untuk Tahun 2021 khusus untuk PAUD mendapat anggaran untuk kegiatan fisik sebesar Rp 4,5 miliar. Anggaran dimanfaatkan untuk beberpa item kegiatan diantaranya rehabilitasi ruang guru, ruang kepala sekolah, pembangunan toilet berserta sanitasinya dan pengadaan alat permainan edukatif.

Lanjut Kabid asal Banjar Kelurahan Kawan, Bangli ini dari total anggaran Rp 4,5 miliar peruntukannya untuk 18 kegiatan. Untuk pengadaan alat permainan edukatif diplot anggaran Rp 20 juta, sedangkan untuk rehabilitasi ruang kelas Rp 137.904.000 dan pembangunan toilet Rp 127.588.00 serta rehabilitasi ruang guru dan kepala sekolah Rp 40.624.000.

”Untuk rehab ruang kelas 9 kegiatan, pembangunan toilet 6 kegiatan ,rehab ruang guru dan kepala sekolah 1 kegiatan serta pengadaan alat permainan 2 kegiatan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dibagi menjadi dua kegiatan yakni rehabilitasi ruang tamanan bacaan masyarakat (TBM) dengan anggaran Rp 429.000.000 dan rehabilitasi ruang praktik anggaran Rp 78.500.000.

Kata Made Widana, terkait kegiatan fisik sudah masuk dalam tahap perencanaan dan paling lambat bulan April sudah pengajuan paket untuk ditenderkan dan lewat penujukan langsung (PL).

”Sesuai juklak juknis per 21 Juli sudah menginput nomor kontrak kegiatan lewat OM SPAN DAK Fisik, jika sampai  tidak terimput pusat tidak akan menurunkan anggaran,” sebutnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *