Melihat Sidang Permohonan Pewarganegaraan, Ditanya Laporan Pajak hingga Nyanyi Lagu Kebangsaan

Sidang permohonan pewarganegaraan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Selasa (2/3/2021). (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Dua Warga Negara Asing (WNA) mengajukan permohonan untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Mereka adalah Troy Sinclair, dan Marlon Gerber.

Troy Sinclair saat ini memiliki 2 kewarganegaraan yakni Inggris dan Australia. Sebelumnya pernah datang ke Indonesia sekitar tahun 2003/2004 dan sekarang bertempat tinggal di Desa Klumpu, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Troy juga memiliki usaha di bidang pariwisata di Nusa Lembongan, Klungkung, Bali.

Bacaan Lainnya

Warga Negara Asing yang kedua bernama Marlon Gerber yang sebelumnya merupakan WNA berkebangsaan Swiss. Marlon pernah bersekolah di Bali hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan memiliki seorang Ibu yang berasal dari Indonesia.

“Ada beberapa pertanyaan yang diajukan tim verifikasi diantaranya, pertanyaan tentang wawasan kewarganegaraan, pajak dan tindakan kriminal,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Jamaruli Manihuruk, Selasa, (2/3/2021).

Sidang itu bertempat di Ruang Sahadewa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali. Tim verifikasi terdiri dari Divisi Pelayanan Hukum, Kanwil Kemenkumham Bali, unsur dari Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Bali, Polda Bali, dan Kanwil Ditjen Pajak Bali.

Salah satu pertanyaan yang diajukan yakni, kedua WNA itu diminta menyanyikan lagu Indonesia Raya. Termasuk tentang wawasan kewarganegaraan, pajak dan tindakan kriminal.

“Mereka bisa menjawab pertanyaan tentang wawasan kewarganegaraan dengan cukup baik,” kata Jamaruli.

Meski kedua WNA itu secara formil dinilai baik, namun tim akan melakukan verifikasi lanjutan dan menunggu kelengkapan dokumen dari keduanya. (pp03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.