Wabup Kasta Tinjau Sejumlah Bencana Alam

Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta meninjau bencana yang terjadi di Klungkung. (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Hujan deras disertai angin kencang beberapa hari belakangan ini menimbulkan bencana alam dan kerusakan di sejumlah wilayah di Kabupaten Klungkung. Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta bersama Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BDPD) Klungkung, Putu Widiada dan Tim Reaksi Cepat BPBD turun langsung melakukan pengecekan ke lokasi bencana.

Lokasi pertama yang didatangi yakni Dusun Penasan Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan. Dinding Penahan Tanah (DPT) sepanjang 11,5 meter dengan tinggi 2 meter milik I Nyoman Suparta mengalami amblas. Kejadian ini menyebabkan tertutupnya saluran irigasi Subak Penasan Tempek Dangin Desa yang mengaliri sekitar 60 hektar sawah. Akibatnya, lahan persawahan terancam gagal panen.

Kalak BPBD Putu Widiada mengatakan bencana dinding amblas ini terjadi, Sabtu (27/2/2021), sekitar pukul 15.00 Wita. Kejadiannya usai hujan lebat disertai angin kencang. Kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Medan yang sulit juga mengakibatkan alat berat tidak dapat membantu melakukan pembersihan material longsor. Melihat kondisi tersebut, Wabup Kasta pun mendorong warga dan krama Subak supaya bergotong royong membersihkan material.

Usai meninjau dinding amblas, Wabup Kasta bersama rombongan BPBD lanjut menuju Pantai Watu Klotok. Di tempat ini satu pohon Ketapang dipinggir jalan, tumbang menimpa tembok bangunan TOSS Desa Gelgel. Akibatnya tembok sepanjang 2 meter milik bangunan TOSS mengalami kerusakan. Dengan menggunakan sejumlah gergaji mesin chainsaw, beberapa petugas BPBD langsung memotong dahan pohon tersebut, supaya mudah dibersihkan. Wabup Kasta dan Kalak BPBD Putu Widiada juga tampak turut membantu proses pembersihan dahan dan ranting pohon tumbang tersebut.

Belum selesai sampai disitu, beberapa pohon peneduh berjenis singapur berukuran besar juga tumbang di pinggir Jalan Baypass IB Mantra tepatnya disisi barat lampu-merah menuju Pantai Klotok. Sebuah pohon tumbang kearah persawahan pada hari Sabtu (27/2) dan sebuah pohon lainnya tumbang ke arah jalan raya pada Minggu pagi (28/2), pohon ini menyebabkan setengah jalan baypass tertutup dahan.

Ketut Mayeni, pemilik warung yang berada di sebelah pohon tumbang tersebut mengaku, pohon ini tumbang akibat diterjang angin kencang yang disertai hujan deras. Tidak ada korban dalam kejadian ini namun sejumlah kabel tampak tertimpa dahan itu.

Melihat masih ada pohon singapor tua tanpa daun yang masih berdiri, Wabup Made Kasta pun langsung mengintruksikan BPBD untuk melakukan pemotongan untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang yang bisa membahayakan pengguna jalan. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.