Waspada! Fenomena ‘Up Welling’ Ancam Biota Air Danau Batur

Air berwarna kehijauan di Danau Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli, Minggu (28/2).

BANGLI | patrolipost.com – Fenomena alam Up Welling terjadi di Danau Batur, Kintamani, Bangli. Fenomena  tersebut terpantau sejak Minggu (28/2/2021) pagi, dimana air danau berubah menjadi kehijauan.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan (PKP) Bangli, I Wayan Sarma menjelaskan, fenomena Up Welling adalah peristiwa pertukaran (sirkulasi ) air di permukaan dengan air di dasar danau, yang diakibatkan oleh arus angin.

Fenomena ini terlihat dari perubahan warna air danau yakni berwarna kehijauan. Selain itu, diiringi dengan semburan belerang. Kondisi ini dapat berpengaruh terhadap kehidupan ikan dan biota dalam perairan danau.

“Tentu ada dampaknya dan jika berlangsung lama akan menyebabkan kematian ikan-ikan dan biota  dalam perairan,” sebut Wayan Sarma, seraya menambahkan berdasarkan informasi belum ditemukan kematian ikan, baik di keramba maupun di peraian bebas.

Disinggung terkait upaya penanganan, Wayan Sarma mengatakan jika pihaknya sudah melakukan langkah antisipasi, seperti menyosialisasikan kepada masyarakat melalui surat edaran maupun melalui Penyuluh Perikanan.

Bebernya, imbauan telah disampaikan sejak Januari lalu yang ditujukan kepada Perbekel di 11 desa di kawasan Danau Batur dan Asosiasi Pelaku Perikanan. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.