Penuh Kemegahan Desa Adat Gelgel Gelar Parikrama Bulan Bahasa

Desa Adat Gelgel menggelar lomba Parikrama bulan Bahasa Bali di Wantilan Pura Dasar Buana, Sabtu (27/2/2021). (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Parikrama Bulan Bahasa Bali Desa Adat Gelgel tahun 2021 mengusung tema Wana Kerthi Sabdaning Taru Mahottama yang dilaksanakan di Wantilan Pura Dasar Buana, Gelgel, Klungkung, Sabtu (27/2/2021).

Ajang adu kelihaian para ibu-ibu PKK, para taruna teruni dan siswa se Desa Adat Gelgel yang terdiri dari 3 Desa Dinas antara lain Desa Gelgel, Kamasan dan Tojan ini digelar mulai pukul 09.00 Wita yang dibuka langsung oleh Bendesa Alitan Jro Bendes Wayan Sutena dengan dihadiri Camat Klungkung, Bendesa Desa Adat Gelgel, Pamucuk Sabha Desa Adat Gelgel, Pamucuk LPD Desa Adat Gelgel.

Pada kesempatan itu Bendesa Alitan Wayan Sutena mengapresiasi kegiatan lomba tersebut dan dinilai Desa Adat Gelgel telah bersungguh sungguh melaksanakan parikrama sehingga mampu membangkitkan gairah minat dan kecintaan warga desa Adat Gelgel di tiga Desa Dinas (Gelgel, Tojan, Kamasan) untuk mengutus duta-duta terbaiknya dalam mengikuti bidang lomba yang dilaksanakan.

Selain melakukan kreatifitas melalui pentas bernuansa bahasa Bali, parikrama juga disemarakkan dengan lomba mesatua Bali, Ngawacen Aksara Bali, dan Nyurat Aksara Bali, yang diikuti oleh utusan PKK untuk mesatua Bali, utusan daha truna untuk Ngewacen, dan utusan murid SD untuk lomba Nyurat Aksara Bali, masing masing telah memperoleh pemenang (Jayanti) 1, 2, dan 3.

Lomba di tingkat Desa Adat merupakan kelanjutan dari lomba yang dilaksanakan di masing-masing desa dinas sehingga lomba ini bersifat Grand Final dari seluruh lomba sebelumnya.

Berdasarkan keputusan Bendesa Desa Adat Gelgel, biaya bulan bahasa Bali bersumber dari dana APBD Semesta Berencana dan ditambah dari Dana Duwe Desa Adat. Pemenang memperoleh hadiah berupa piala, piagam, tabungan LPD Desa Adat Gelgel dengan nominal Rp700 ribu, Rp500 ribu dan Rp 400 ribu. Selain itu para pemenang juga mendapat souvenir berupa payung yang disponsori oleh LPD Desa Adat Gelgel.

Sementara itu Jro Bendesa Adat Gelgel, Putu Arimbawa mengapresiasi semangat para duta untuk mengikuti parikrama serta mengapresiasi usaha maksimal panitia pelaksana Bulan Bahasa Bali Desa Adat Gelgel tahun 2021 yang dipimpin oleh Jro Mangku Wayan Suandi SSos. Tidak lupa beliau menyampaikan terimakasih kepada Camat Klungkung dan Jro Bendesa Alitan.

Parikrama didukung pula oleh Sekaa Geguntangan Gong Suling asuhan Jro Mangku Edy, untuk peliputan dan publikasi didukung olh Bamboe Projek dari yowana Desa Adat Gelgel. Sementara itu salah seorang peserta ibu PKK Desa Kamasan Kadek Sukanasih yang juga pensiunan guru ini ditemui menyampaikan rasa bangga.

”Senang dan bangga, Desa Gelgel bisa menunjukkan keunggulan dan peran serta positif bagi kemajuan Desa Adat dengan menggelar lomba serangkaian bulan bahasa Bali ini,” sebutnya. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.