Update, 85 Warga Denpasar Sembuh dari Covid

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Kota Denpasar masih mencatatkan adanya penambahan kasus positif, kasus sembuh dan kasus meninggal dunia dengan status terkonfirmasi Covid-19. Tercatat penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 141 orang, kasus sembuh bertambah sebanyak 85 orang dan 1 pasien dinyatakan meninggal dunia, Jumat (26/2/2021).

Terkait 1 orang meninggal dunia, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai merincikan bahwa pasien diketahui seorang laki-laki usia 74 tahun dengan status domisili di Desa Sumerta Kaja. Pasien dinyatakan positif pada 3 Februari 2021 dan dinyatakan meninggal dunia dengan komorbid diabetes militus pada 26 Februari 2021.

“Hari ini kasus positif bertambah sebanyak 141 orang, kasus sembuh bertambah 85 orang dan sebanyak 1 orang pasien meninggal dunia. Tren kasus covid 19 masih tinggi. Ada penularan yang masih terjadi, ini harus menjadi perhatian serius bagi kita semua,” kata Dewa Rai.

Dalam kesempatan tersebut Dewa Rai juga mengajak masyarakat untuk mengurangi mobilitas, dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Jangan mengurangi kewaspadaan, titik-titik lengah telah menyebabkan tingkat kasus Covid-19 di Denpasar meningkat drastis, tanpa disadari peningkatan ini jauh berbahaya dari rata-rata angka Covid-19 pada tahun 2020 lalu,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dewa Rai mengatakan bahwa berbagai upaya terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona resiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian. Karenanya bagi desa/kelurahan yang mengalami lonjakan kasus akan mendapat perhatian serius Satgas Covid-19 Kota Denpasar lewat pendampingan yang dikoordinir oleh camat.

Hal ini dilaksanakan dengan menggelar operasi yustisi protokol kesehatan, sosialisasi dan edukasi berkelanjutan secara rutin dengan menggunakan mobil calling atau door to door, serta melaksanakan penyemprotan disinfektan wilayah secara terpadu.

Mengingat tren peningakatan kasus yang diiringi dengan menurunnya angka kesembuhan akan berpengaruh pada ketersediaan ruang isolasi dan perawatan.

“Mohon kepada masyarakat untuk melakukan prokes secara ketat, termasuk saat di rumah wajib menerapkan prokes yang ketat untuk meminimalisir klaster keluarga, hal ini mengingat tingkat hunian isolasi dan ICU yang terus meningkat berpengaruh kepada kesediaan ruang rawat,” jelasnya.

Adapun upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai menekankan bahwa satgas telah mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan data, secara komulatif kasus positif tercatat 10.602 kasus, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai angka 9.397 orang (88,63 persen), meninggal dunia sebanyak 195 orang (1,84 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 1.010 orang (9,53 persen).

Melihat perkembangan kasus ini, Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan Covid-19 tidak semakin meluas.

“Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 3 M (menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan),” pungkas Dewa Rai. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.