Dirut Bank BPD Bali: “Onboarding UMKM” Semangat Baru Hadapi Covid-19

  • Whatsapp

Dirut Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma.

 

Bacaan Lainnya

 

DENPASAR | patrolipost.com – Pandemi Covid-19 mendorong munculnya babak baru dalam program pengembangan UMKM di Indonesia, Bali khususnya. Onboarding UMKM program edukasi online yang diinisiasi oleh Bank Indonesia, merupakan upaya Bank Indonesia dalam melakukan edukasi dan pemberdayaan bagi UMKM secara online, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi internet dan digitalisasi, serta memberikan semangat baru bagi UMKM agar mampu bertahan di era pandemi Covid-19.

“Onboarding sarana edukasi dalam meraup pasar yang lebih luas bagi UMKM melalui platform digital,” sebut Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, Jumat (19/2/2021) di Denpasar.

Ia memandang Onboarding UMKM merupakan alternatif solusi terkait aspek produk, promosi produk, serta pemanfaatan platform digital sebagai channel pemasaran, dari mulai media sosial hingga marketplace.

“Dengan mengikuti kegiatan ini, UMKM diharapkan berhasil Onboarding di berbagai platform, mampu memahami sistem pembayaran online (digital payment), serta menguasai berbagai tips terkait kemasan dan pengiriman barang (logistik),” tuturnya.

Kegiatan Onboarding sendiri seperti diketahui tak terlepas dari dukungan Bank BPD Bali yang secara berkelanjutan terus mengembangkan transaksi pembayaran non tunai dan menjadi mitra UMKM.

Dari sisi perbankan pengembangan sistem pembayaran non tunai dinilai memunculkan efisiensi. Transaksi tunai selama masa pandemi Covid-19, turun sekitar 16 persen, lantaran nasabah lebih memilih transaksi non tunai, sambungnya.

Masa pandemi Covid-19 tidaklah mudah bagi perbankan untuk menunjukkan kinerja terbaiknya. Namun lain halnya dengan Bank BPD Bali yang justru sepanjang tahun 2020 lalu mampu meraih berbagai penghargaan tingkat nasional. Ada 24 penghargaan yang diperoleh Bank BPD Bali di tahun 2020, tiga diperoleh dari Bank Indonesia. Penghargaan tersebut antara lain, Mitra Kerja Terbaik KPw BI Provinsi Bali Kategori PJSP Teraktif dalam Implementasi QRIS, Bank Pendukung UMKM Terbaik Bank BUKU 1 dan BUKU 2, serta Peserta Sistem BI-RTGS dan BI-SSSS Terbaik Bank BUKU 1 dan BUKU 2.

“Berbagai penghargaan ini diperoleh dari regulator ataupun pihak independent, baik melalui test ataupun penilaian tersendiri,” ujar I Nyoman Sudharma.

Ia menilai pemberian award ini merupakan apresiasi kepada stakeholders yang telah mendukung dalam pelaksanaan fungsi dan tugas Bank Indonesia sehingga dengan keterbatasan kondisi akibat pandemi Covid-19.

“Mari bergandengan tangan, menjadi UMKM tangguh dan mampu mengembangkan usaha di masa pandemi,” pungkasnya. (wie)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *