Main Gamelan, Bule AS Tampil Memukau di PKB

  • Whatsapp
DENPASAR | patrolipost.com – Kelompok seni asal Colorado, Amerika Serikat (AS), Tunas Mekar, ambil bagian dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41. Jumat (21/06/2019) rombongan kesenian yang digawangi 26 bule itu unjuk kebolehan dengan memainkan sejumlah komposisi gamelan Bali dan mengiringi para penari yang tampil.

Bukan hanya tahun ini saja kelompok ini ambil bagian di PKB. Pada 1996 silam juga pernah ikut menyemarakan PKB. “Kelompok seni ini berdiri pada tahun 1988. Awalnya bernama Denver Gamelan kemudian jadi Gamelan Tunas Mekar,” jelas guru gamelan Tunas Mekar, I Made Lasmawan, ditemui saat menjelang pentas di Art Center, Denpasar.

Beda dengan pementasan pada tahun 1996, pada tahun ini, 26 orang bule yang diboyong ke Bali adalah generasi kedua dari grup tersebut. Selain para penabuh gamelan ini, mereka juga dibantu tiga pemain suling dan satu pemain rebab dari Bali. Sedangkan penari, empat orang berasal dari Bali, dan tiga penari Bali yang lama tinggal di AS.

Di PKB Kali ini, kelompok kesenian ini mementaskan dua jenis gamelan Bali, pertama gamelan angklung dan kedua gambelan gong kebyar. “Pada gamelan angklung kita menampilkan tabuh tradisi ‘Lasan Megat Yeh’, dilanjutkan dengan gamelan tari Bali seperti Panyembrahma, Teruna Jaya dan tari kreasi lainnya ,” Jela Lasmawan.

Dia mengatakan, tampil di ajang PKB, kelompok Tunas Mekar juga membawakan beberapa gamelan hasil karyanya dan karya dari anak-anaknya, memadukan beberapa alur musik atau disebut “Gending” tanpa meninggalkan pakem-pakem Bali. “Komposisi 80 persen ke tradisi, dan sisanya kreasi modern,” tambah Lasmawan, menerangkan.

Para penabuh yang sebagian juga bekerja di Los Angeles itu mulai menggabungkan Gending untuk tampil di PKB pada bulan November 2018. Beberapa di antaranya, ada yang bisa berbahasa Indonesia dan juga bahasa Bali. “Ini membuktikan tradisi Bali dan budayanya sangat diminati kalangan luas,” pungkas Lasmawan. (net)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *