BNPB Serahkan Bantuan 10.000 Vial Alat Rapid Test Antigen untuk Manggarai Barat

  • Whatsapp
Bantuan 10.000 vial alat rapid test antigen dari BNPB untuk Manggarai Barat.

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Barat menerima bantuan 10.000 Alat test rapid Antigen dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (18/2/2021).

Bantuan alat tes rapid Antigen dalam bentuk 23 koli ini diterima oleh Plt Kepala BPBD Mabar, Kasim Bura di kantor BPBD. Kasim menjelaskan bantuan alat tes rapid Antigen ini awalnya dijanjikan oleh Kepala BNPB Doni Monardi saat melakukan kunjungan ke Labuan Bajo beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungan tersebut, Doni Monardo menjanjikan akan memberikan bantuan 200 alat rapid test antigen, namun Kasim mengapresiasi kepedulian Doni Monardo yang  membuktikan janjinya dengan memberikan 10.000 alat rapid tes antigen.

“Informasi awalnya dari Kepala BNPB waktu kunjungan ke sini, Pak Doni menyampaikan bahwa akan memberikan bantuan kepada Manggarai Barat, Alat rapid test Antigen. Janjinya 200, realitanya hari ini diberikan 10.000. Kepeduliannya begitu tinggi kepada warga Mabar,” ucap Kasim.

Sebanyak 10.000 vial alat rapid test antigen ini kemudian diserahkan ke Dinas Kesehatan Manggarai Barat, yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Mabar, Paulus Mami di kantor BPBD Mabar.

Paulus menjelaskan, ribuan alat rapid test Antigen ini nantinya akan didistribusikan kepada semua Puskemas dan Rumah Sakit yang kemudian diperuntukan untuk melakukan tracing kepada warga yang memiliki kontak erat dengan pasien Covid 19.

“Alat Rapid test Antigen ini akan kami sebarkan ke seluruh Puskesmas. Karena ini untuk membantu melacak warga yang memiliki kontak erat dengan pasien Covid 19. Selain Puskesmas, Rumah Sakit juga kalau dibutuhkan akan kami didistribusikan,” kata Paulus.

Lanjut Paulus, peruntukan alat rapid test antigen ini nantinya hanya khusus digunakan untuk keperluan tracing pada warga kontak erat pasien Covid-19. Bagi warga yang ingin melakukan rapid test antigen mandiri bisa di beberapa fasilitas yang sudah disiapkan pemerintah.

“Kalau untuk test mandiri kami masih cari regulasi. Tes mandiri rapid test antigen sudah ada di beberapa fasilitas yang kami siapkan. Kalau bantuan rapid test antigen ini khusus untuk keperluan tracing saja,” ungkap Paulus. (334)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *