Bandara Ngurah Rai Lakukan Evaluasi Operasional Sikapi Perkembangan Kasus Covid-19 di Bali

  • Whatsapp
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai

KUTA | patrolipost.com – Pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai melakukan sejumlah evaluasi  terhadap perkembangan situasi pandemi Covid-19 yang cukup dinamis saat ini. Selain melakukan sosialisasi penerapan digitalisasi dokumen kesehatan, bandara setempat juga akan menyesuaikan jam operasional. Sehingga pengguna jasa bandara termasuk pihak maskapai diharapkan dapat melakukan penyesuaian rencana penerbangan termasuk pemilihan bandara alternatif dari pemberlakuan jam operasional tersebut.

Sebagai upaya membantu mencegah penyebaran Covid-19, pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai melakukan sejumlah evaluasi operasional. Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Taufan Yudhistira mengatakan evaluasi tersebut meliputi digitalisasi dokumen kesehatan untuk mempermudah calon penumpang memenuhi protokol kesehatan melalui surat keterangan hasil tes Covid-19 sebagai syarat perjalanan rute domestik.

Bacaan Lainnya

“Ini masih kami sosialisasikan selama sebulan. Sekarang ini masih menggunakan yang digital dan fisik. Dengan sistem digital, calon penumpang tidak perlu lagi membawa kertas fisik dan mengantre untuk melakukan validasi manual,” katanya beberapa waktu lalu di kantor setempat, Kuta, Badung.

Kata dia, calon penumpang yang dinyatakan hasil tes Covid-19 negatif dari pemeriksaan di fasilitas kesehatan di bandara akan mendapat QR Code di aplikasi e-HAC milik Kementerian Kesehatan. Code di e-HAC tersebut ditunjukkan calon penumpang di konter check in untuk diperiksa petugas maskapai.

Menurutnya, dalam tahap sosialisasi selama satu bulan ini pengelelola bandara setempat bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Ngurah Rai yang masih memberlakukan validasi secara manual dan digital. Selanjutnya akan ditetapkan yang digital saja.

Selain penerapan validasi kesehatan digital, pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai juga akan melakukan evaluasi terhadap penyesuaian jam operasional mulai tanggal 18 Februari 2021 beroperasional hanya selama 13 jam dimulai dari pukul 07.00 hingga pukul 20.00 Wita. (811)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *