Buku Puisi Gajah Mina, Perpaduan Seni Sastra dan Seni Lukis

Leaflet peluncuran buku Puisi Gajah Mina (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Buku Puisi Gajah Mina bakal dirilis di Komaneka Keramas Beach Jalan By Pass Ida Bagus Mantra, Selasa (23/2/2021) mendatang. Sedangkan pameran akan berlangsung hingga (16/3/2021).

Acara diisi dengan pameran lukisan dan sketsa dengan menghadirkan Ni Putu Putri Suastini Koster, Balawan, Hartanto, Putu Satriya Koesuma, Gede Artawan, Wayan Jengki Sunarta, serta penulis dan pelukis Dewa Putu Sahadewa dan Made Gunawan.

Bacaan Lainnya

Dokter yang juga seniman dr Dewa Putu Sahadewa mengatakan, karya seniman kata dan rupa sudah pernah terjadi. Namun, yang berbentuk utuh dalam satu buku, dengan dua seniman, baru pertama terjadi.

“Ya, yang utuh dalam satu buku antara dua seniman kata dan rupa mungkin baru kali pertama,” ujar putra kelahiran Nongan, Rendang, Karangasem tersebut.

Di dalam buku ini, sebagian karya puisi Dewa Putu Sahadewa terinspirasi dari lukisan dan sketsa Made Gunawan. Namun, ada satu dua lukisan Gunawan malah merespons puisi. Ini tergolong unik dalam jagad buku di Bali.

Getaran rasa yang dirasakan Sahadewa saat memandangi karya Gunawan begitu dahsyat. Sehingga, hampir semua puisi tercipta dalam rentang waktu 1 bulan.

Terkait judul ‘Gajah Mina’, Dewa Putu Sahadewa mengatakan, lukisan yang menggambarkan makhluk mitos dalam samudera sangat memukau dirinya. Di samping, tema lukisan pohon kehidupan.

Sosok ikan raksasa berkepala gajah, seakan menyalakan alarm puisi dan frekuensinya yang selaras dengan kegelisahan seorang Sahadewa. (pp03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.