Dukung Pengolahan di IPA Belusung, Perumda Rancang Pembangunan Kanal Air Baku

Direktur Utama Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar, IB Gede Arsana. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Kondisi cuaca dengan intensitas hujan yang tinggi belakangan ini berdampak terhadap kekeruhan air Sungai Ayung. Hal ini tentu secara otomatis berimbas terhadap produksi air baku dari Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar. Dimana, air dengan kadar kekeruhan tinggi mengakibatkan intake menjadi tidak berfungsi dan proses pengolahan air baku menjadi terhambat.

Tak ingin kondisi yang sama kembali terjadi setiap tahun, Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar berencana membangun kanal air baku untuk mendukung proses pengolahan air di IPA Belusung. Selain itu, Pembangunan Reservoar yang sedang berlangsung di Monang Maning dengan kapasitas 1.000 meter kubik akan terus digenjot, sehingga pemanfaatanya dapat dimaksimalkan.

Direktur Utama Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar, IB Gede Arsana menjelaskan bahwa dalam beberapa hari terakhir, proses produksi air baku di Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar mengalami gangguan. Hal tersebut pun berdampak terhadap distribusi air kepada pelanggan.

“Jadi hujan deras di hulu membuat air baku bercampur dengan pasir dan lumpur dengan volume yang banyak, sehingga menutup saluran intake, karenanya gangguan produksi air baku terjadi, dan kami mohon permakluman kepada pelanggan,” ujar Gus Arsana, Selasa (9/2/2021).

Dikatakan Gus Arsana bahwa gangguan produksi hanya terjadi di IPA Belusung. Sementara IPA Waribang dan Sumur Bor tetap beroperasi. Karenanya kami menerjunkan sedikitnya 6 mobil tangki untuk memenuhi wilayah pelanggan yang distribusi airnya mengalami gangguan.

“Bagi pelanggan di wilayah IPA Waribang dan sumur bor masih aman, dan yang di IPA Belusung saja terganggu, itu sudah kami atensi dengan truk tangki air,” jelasnya.

Gus Arsana menambahkan bahwa di tahun 2021 ini Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar kembali akan berinovasi. Hal ini untuk mencegah permasalahan yang sama kembali terjadi. Adapun inovasi tersebut yakni Pembuatan Sumur Bor dengan kapasitas 20 Liter Per Sekon (LPS), Membangun Terowongan Kanal Air Baku serta Menggenjot Pembangunan Reservoar Monang-Maning.

“Semoga kedepan pelayanan Perumda Tirta Sewakadarma menjadi lebih baik dan maksimal kepada pelanggan, dan kami informasikan kepada pelanggan yang membutuhkan layanan tangki air agar memghubungi kontak pengaduan di 0361 240 749 atau 087 856 049 999,” tandas Arsana. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.