Hujan Deras Jebol Pelindung Jalan di Puluhan Titik Wilayah Bangli

Kabid Bina Marga Dinas PU Bangli, I Wayan Lega Suprapto.

BANGLI | patrolipost.com –  Hujan deras mengakibatkan puluhan dinding pelindung tebing (DPT) jebol di wilayah Kabupaten Bangli, dalam sepekan terakhir. Jika tidak segera mendapat penanganan kerusakan akan tambah parah.

Sementara itu untuk perbaikan beberapa DPT yang jebol, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Bangli, mengajukan proposal ke Dinas PU Provinsi.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PU Bangli, I Wayan Lega Suprato mengatakan, kerusakan pelindung jalan tersebut tersebar di empat kecamatan. Untuk Kecamatan Kintamani ada 12 titik, Kecamatan Bangli 8 titik, Kecamatan Susut 8 titik dan Kecamatan Tembuku 4 titik.

”Jumlah kerusakan  yang tercatat baru di 32 titik. Kami prediksi akan bertambah karena melihat kondisi cuaca tak bersahabat dengan turun hujan lebat,” ungkapnya, Jumat (5/2/2021).

Menurutnya, untuk perbaikan tentu mengacu skala prioritas yakni melihat kerusakan dan mobilitas masyarakat. Dari hasil kajian ada delapan titik kerusakan yang harus segera mendapat penanganan  diantaranya  ruas jalan Tegalalang-Tambahan, Selati-Talangjiwa, Bebalang –Tegal, Batur-Bubung Kelambu.

”Penyebab kerusakan adanya alih fungsi lahan umum ke pertanian dan faktor usia DPT,” jelas Kabid asal Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani ini,

Disinggung rencana perbaikan, untuk ruas jalan Tambahan-Tegalang, Selati-Talang Jiwa dan Serokan–Bangun Lemah, pihaknya mengajukan proposal untuk perbaikan ke Dinas PU Provinsi.

”Estimasi anggaran perbaikan DPT di tiga ruas jalan tersebut Rp 4.437.716.000,” ujarnya.

Lanjut Wayan Lega Suprapto, sedangkan untuk perbaikan DPT yang lain tentu mengacu pada kondisi keuangan daerah.

”Kami sudah mengajukan usulan, nanti tentu putusan ada pada pembahasan antara DPRD Bangli dengan eksekutif terkait APBD Perubahan,” jelasnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.